Retribusi Meningkat Pasca Diaktifkan Terminal Basanohi Sanana Kepsul

Kadis Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sula, Ibarahim Tidore

Sanana, Haliyora

Pendapatan Asli Daerah, (PAD) Kepulauan Sula dari sumber retribusi meningkat di tahun 2021, pasca peresmian terminal penumpang pasar Basanohi Sanana di awal April lalu.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan oleh Kadis Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sula, Ibarahim Tidore saat ditemui Haliyora, Selasa (04/05/2021)

“Pemasukan kas daerah dari retribusi meningkat di tahun 2021 ini pasca diresmikannya terminal penumpang pasar Basanohi. Pemasukannya cukup signifikan dibandingkan sebelumnya,” ungkap Ibrahim.

Dikatakan, peningkatan retribusi tersebut karena seluruh fasilitas terminal disiapkan serta skema keluar masuk terminal ditata dengan baik, sehingga pengguna fasilitas terminal wajib bayar karcis.

“Fasilitas sudah siap, skema keluar masuk terminal juga sudah diatur rapi sehingga pungutan retribusi sudah lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan pertanggungjawaban administrasi juga sangat baik. Laporannya masuk ke dinas pada akhir bulan dan sangat rapi dan tepat waktu. 

“Kami belum menghitung berapa banyak pendapatan yang diperoleh sejak terminal penumpang ini diresmikan. Kita akan hitung pada akhir bulan, kemudian kami buat laporan pertanggungjawaban keuangan disertai penyetoran uang hasil retribusi ke kas daerah (Kasda),” jelasnya.

Ibrahim berharap kepada masyarakat agar memberikan tanggapan terhadap jasa pelayanan terminal penumpang Sanana demi perbaikan dan peningkatan kepuasan masyarakat

“Saya berharap ada tanggapan dari masyarakat terkait fasilitas dan pelayanan di terminal penumpang supaya kami bisa mengetahui dimana letak kekurangan yang harus kami perbaiki,” imbuhnya. (Sarif-1)

Pos terkait