Polsek Taliabu Barat Tidak Masuk dalam Telegram Kapolri

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Taliabu Barat, AKP. Roy Berman Simangunsong, SH. S.I.K

Bobong, Haliyora

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Taliabu Barat, AKP. Roy Berman Simangunsong, SH. S.I.K menyebut telegram Kapolri terkait pencabutan kewenangan penanganan perkara pada tingkat Polsek, tidak berlaku pada Polsek Taliabu Barat.

Bacaan Lainnya

AKP. Roy Berman Simangunsong, SH, S.I.K. mengatakan bahwa telegram Kapolri terkait pencabutan kewenangan penanganan perkara pada tingkat Polsek tersebut hanya berlaku pada Polsek yang berdekatan dengan Polres, serta penanganan kasus di bawah 10 pertahun.

“Polsek Taliabu Barat tidak masuk dalam telegram Kapolri itu, karena yang pertama Polsek Taliabu Barat ini jaraknya jauh dari Polres, yang kedua Polsek Taliabu Barat dalam setahun itu dapat selesaikan 10 kasus,” ungkap Kapolsek Taliabu Barat, Roy Berman Simangunsong, SH. S.I.K pada Haliyora Rabu (14/04/2021) via telpon.

Roy menambahkan Polsek Taliabu Barat tetap melakukan proses penyidikan langsung pada tingkat Polsek.

“Polsek-Polsek yang kewenangan penyidikannya sudah dicabut dan dialihkan ke Polres maka anggaran penyedikannya pun sudah tidak ada, kalau Polsek Taliabu Barat anggarannya masih diberikan, makanya penanganan perkara tetap masih di Polsek,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor : Kep/613/III/2021 tertanggal 23 Maret 2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban masyarakat.

Atas keputusan tersebut, Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes Pol. Adip Rojikan, S.I.K., M.H membenarkan hal itu. ā€¯Kapolri telah mengeluarkan keputusan terkait tugas Polsek di seluruh jajaran Polri. Polsek ditunjuk hanya fokus pada Harkamtibmas, tidak lagi menangani Perkara/kasus,” jelas Kabid Humas, Selasa (30/03/2021). (Ham-*)

Pos terkait