Hasil Audit DD Desa Losseng Pultab Siap Diserahkan ke Penyidik

Kepala Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu, Gesberd Tani

Bobong, Haliyora

Kepala Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu berjanji akan menyerahkan hasil audit dugaan korupsi anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), Desa Losseng ke Penyidik Reskrim Polres Kepulauan Sula. Meskipun begitu, belum diketahui kapan hasil audit itu akan diserahkan.

Bacaan Lainnya

Kepala Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu, Gesberd Tani saat diwawancarai wartawan media ini Rabu (30/09/2020) di ruang kerjanya siang tadi, mengatakan bahwa hasil audit anggaran DD dan ADD Tahun 2017, 2018 dan tahap satu 2019, desa Losseng sudah siap diserahkan kepada penyidik Polres Kepulauan Sula.

Kata dia, rencana penyerahan hasil audit DD dan ADD desa Losseng dikarenakan ada indikasi korupsi yang dilakukan Kades Losseng, Harnono La Yai.

“Jadi hasilnya semua sudah siap (ada), kades juga sudah diperiksa, tinggal saja tim mau turun ke desa langsung uji petik sesuai dengan hasil temuan itu, dan saat ini tim sudah siapkan laporannya untuk serahkan ke penyidik sesuai dengan dorang punya permintaan, “yang jelas hasil sudah siap diserahkan,” bebernya.

Meski begitu, Inspektur Gesberd belum mau menyampaikan soal kepastian waktu penyerahan hasil audit tersebut ke pihak penyidik dengan alasan masih dalam tahap penyusunan laporan.

“Yang jelas dalam waktu dekat ini kami sudah serahkan hasil audit itu ke penyidik,”ungkapnya

Inspektur juga mengaku belum bisa menyampaikan jumlah besaran kerugian uang negara dari temuan Inspektorat pada penggunaan DD dan ADD desa Losseng.

“Jadi saya belum bisa sebut nilai temuan, karena itu bukan saya pung (punya) kewenangan, saya hanya sebatas audit saja sesuai dengan perintah penyidik. Soal nilai temuan nanti baru teman-teman tau dari penyidik langsung saja,”tandasnya. (Ham-2)

Pos terkait