Rp 11 M Dana Pemulihan Ekonomi untuk Pemkot Ternate di 5 OPD

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Pemerintah Kota Ternate mendapat tambahan dana dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 11 miliar. Anggaran tersebut untuk program pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Kota Ternate, Jusuf Sunya mengaku baru mendengar kabar tentang dana bantuan pusat tersebut. Namun ia mengaku dana tersebut sebelumnya sudah diusulkan Pemerintah Kota Ternate kepada Pemerintah Pusat sejak awal pandemic Covid-19.

“Saya baru dengar kabar ada tambahan Rp 11 miliar dari pemerintah pusat baru saja diterima oleh pemerintah kota saat ini, anggaran ini sebelumnya sudah diusulkan sejak awal pandemi,” ucap Jusuf, Selasa (22/9).

Ia menjelsakan, dana itu khusus untuk program pemulihan ekonomi, sehingga nantinya hanya lima OPD yang diberikan langsung untuk mengelola dana terebut sesuai programnya.

Kondisi ini, kata Sekkot, serupa dengan yang dialami Dinas Kesehatan, namun anggaran kali ini tidak akan dikembalikan ke kas daerah.

“Jadi dana itu tidak lagi masuk ke kas daerah, tetapai langsung diberikan ke masing-masing OPD. Dan hari ini (Selasa, red) saya panggil lima dinas penerima dana itu untuk membahas program apa yang akan dibuat dengan menggunakan dana itu, setelah itu barulah diberikan dananya,”terang Jusuf.

Ia menyebutkan, lima OPD penerima dana pemulihan ekonomi itu adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Koperasi, Dinas Pariwisata, dan Dinas Perikanan.

Sekadar diketahui, hingga saat ini, anggaran yang sudah dipakai dalam penanganan COVID-19 mencapai Rp 25 Miliar dari total anggaran Rp 39 Miliar. Namun Jusuf mengaku belum mengetahui secara persis rincian belanja untuk penanganan Covid-19 selama ini. (Sam-1)

Pos terkait