KPU Halsel Tegaskan Tak Ada Lagi Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati

  • Whatsapp

Halsel, Haliyora.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Selatan menegaskan bahwa masa pendaftaran Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati telah resmi ditutup. Semuanya mengikuti petunjuk di PKPU.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Halsel Yaret Colling, saat dikonfirmasi via WhatshApp oleh Haliyora.com Sabtu (12/9).

Menurutnya, secara resmi KPU membuka pendaftaran hanya tiga hari, dan secara resmi telah berakhir di tanggal 6 September.

“Pendaftaran yang dibuka KPU itu selama tiga hari sejak tanggal 4, 5 sampai 6 September 2020 dan telah berakhir, KPU tidak lagi membuka pendaftaran,” tegasnya,

Katanya, hingga Waktu pendaftaran berakhir, hanya ada dua Bapaslon yang mendaftar dan disertakan dokumen syarat pencalonan dan syarat calon. Selanjutnya, syarat tersebut diverifikasi KPU dan telah diterima, kemudian dinyatakan lengkap oleh KPU. Berikutnya menunggu tahapan klarifikasi dokumen pada tanggal 23 September.

“Jadi torang (KPU) mau buka pendaftaran pake rumus apalagi, pendaftaran hanya pada Tanggal 04-06 itu sudah berakhir”, papar Yaret.

Lebih lanjut Yaret menjelaskan, bahwa mengenai rumor yang berkembang terkait dugaan ijazah palsu milik salah satu Balon, menurutnya itu bukan substansi persoalan yang dilihat oleh KPU. KPU kata dia, hanya berada pada frasa memastikan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat. “Jadi palsu atau tidak itu bukan subtansi yang dilihat, tapi memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat” tutur Yaret

“Jadi berkaitan degan waktu pendaftaran mentoknya sesuai PKPU no 5 Tahun 2020 yaitu batas pendaftaran mulai 4-6 September 2020, selanjutnya tidak ada lagi pendaftaran yang dibuka KPU Halsel,” tegas Yaret mengulangi. (Asbar_Dr)

Pos terkait