Golkar: Rekomendasi Paslon di 3 Daerah Ini Tunggu Hasil Survei

  • Whatsapp
ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku Utara, Alien Mus

Ternate, Haliyora.com

Jelang pilwako Ternate pada Desember 2020 para bakal calon wara-wiri mencari kendaraan politik. Salah satu parpol yang paling diincar adalah Golkar. Mereka berharap mendapat pinangan partai beringin.

Bacaan Lainnya

Golkar sendiri punya dua kader yang maju sebagai bakal calon, yakni wakil ketua DPD I Golkar Maluku Utara, Juhdi Taslim dan anggota Fraksi DPRD Provinsi Maluku Utara, M. Hasan Bay.

Namun sejauh ini untuk pilwako Ternate, belum ada satu kandidat bakal calon yang mendapat rekomendasi dari DPP Golkar. Memang Golkar belum mengeluarkan rekomendasi kepada bakal calon di pilwako Ternate.

Partai Golkar punya rujukan untuk menentukan calon yang bakal diusung di pilkada. Rujukannya adalah hasil survei. Bakal calon yang memiliki poin tertinggi hasil survei yang akan mendapat rekomendasi DPP, baik kandidat tersebut beasal dari kader partai maupun bukan kader.

Itulah mengapa sampai sekarang Juhdi Taslim dan M. Hasan Bay juga belum menerima rekomendasi dari partainya.

Hal ini disampaikan ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku Utara, Alien Mus kepada wartawan usai mendampingi Waketum DPP Golkar Aziz Samsudin pada rapat koordinasi Organisasi Golkar di sekretariat partai, Senin (03/08/2020).

“Ada dua kader Golkar yang maju pada Pilkada Kota Ternate 2020 mendatang. Pertama adalah Juhdi Taslim yang maju sebagai Bakal Calon Wakil WaliKota Ternate berpasangan dengan Merlisa Marsaoli. Kedua yaitu Muhammad Hasan Bay (MHB) yang maju sebagai balon WaliKota Ternate berpasangan dengan Asghar Saleh, tetapi DPP belum mengeluarkan rekomendasi kepada salah satu dari keduanya,” ungkap Alien.

Katanya, DPP Golkar akan keluarkan rekomendasi berdasarkan hasil survei.

“Kepada siapa rekomendasi diberikan, apakah ke Juhdi atau MHB semua tergantung hasil survei, karena hasil itu tidak bisa diintervensi oleh DPD maupun DPP,” tandas anggota DPR RI itu.

Ia menambahkan, Sejauh ini Partai Golkar baru memberikan rekomendasi dukungan di lima daerah dari delapan kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember mendatang di Maluku Utara.

Lima daerah tersebut adalah Halmahera Selatan, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Halmahera Timur dan Taliabu.

Sedangkan tiga daerah lain, yakni Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan dan Kepulauan Sula masih menunggu hasil survei. Paling lambat untuk tiga daerah ini rekomendasinya akan terbit pada pekan depan.

Tentang rekomendasi B1-KWK Partai Golkar, Alien mengatakan akan diberikan secara serentak kepada seluruh pasangan calon kepala daerah yang mengikuti pilkada serentak. (jae)

Pos terkait