Empat Bulan Pengadilan Tinggi Agama Malut Selesaikan 9 Perkara Banding

  • Whatsapp
Kantor Pengadilan Tinggi Agama Malut (foto: Andre/Haliyora.com)

Sofifi, Haliyora.com

Sejak Bulan Junuari -April 2020, Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Maluku Utara (Malut) menerima sembilan perkara banding dari 10 Kabupaten.

Bacaan Lainnya

Sembilan perkara banding diantaranya perkara cerai gugat, cerai talaq, perkara waris dan perkara ekonomi Syariah.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Kantor Pengadilan Tinggi Agama Maluku utara, Ilham Abdullah kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Senin (20/7/2020).

“Dari 10 Kabupaten/Kota hanya sebanyak 9 perkara banding yang masuk ke Kantor Pengadilan Tinggi Agama Maluku utara di sepanjang bulan Januari hingga April 2020 dan semuanya sudah selesai,”ungkapnya.

Katanya, sejak itu sampai sekarang, Pengadilan Tinggi Agama belum menerima perkara baru. “Setelah 9 perkara itu, sampai saat ini kami belum menerima perkara baru, alias belum ada perkara yang masuk,” Katanya

Ilham menjelaskan, karena masa pandemi Covid-19, Kantor Pengadilan Tinggi Agama Malut dalam menerima dan menyelesikan perkara tidak dilakukan secara tatap muka. Semua dilaksanakan secara online, baik pendaftaran (penyampaian pengaduan) pemeriksaan, penyelesaian dan pembayaran.

“Jadi penggugat mendaftar secara online, menyampaikan pengaduan secara online serta membayar secara online. Setelah itu kemudian akan dilakukan pemanggilan secara online dan menjalani sidang secara online.” Tutup Ilham. (Andre)

Pos terkait