10 Desa di Kepulauan Guraici Halsel Tuntut Pemekaran Kecamatan Baru

  • Whatsapp

Halsel, Haliyora.com

Sepuluh Kepala Desa yang tergabung dalam Forum Pemekaran Kecamatan Guraici (FPKG) menggelar rapat konsolidasi Pemekaran Kecamatan Pulau Guraici, yang dipusatkan di Desa Gunange Kecamatan Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Sabtu (19/7).

Bacaan Lainnya

Rapat konsolidasi Pemekaran Kecamatan Guraici dihadiri 10 Kepala Desa dan BPD maupun tokoh masyarakat dan tokoh Kepulauan Guraici yaitu Desa Kida, Buli, Ligua, Lelei, Talimau, Gunange, Laigoma, Siko, Dorolamo dan Gafi.

Kordinator forum pemekaran kecamatan guraici (FPKG) Rifaldi A. Ways saat dihubungi via telepon Haliyora.com Senin (20/7), mengatakan bahwa 10 desa di kepulauan Guraici sudah layak dimekarkan sebagai kecamatan baru. Hal ini merujuk pada Pasal 3 Ayat 1 yang menjelaskan tentang pembentukan kecamatan melalui pemekaran dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan.

“Dengan pertimbangan wilayah terluar dan terpencil dan berada pada wilayah strategis, ditambah luas wilayah dan jumlah penduduk di 10 Desa yang berada di pulau Guraici, maka kita menuntut agar pemda Halsel segera memekarkan 10 Desa tersebut menjadi Kecamatan baru terlepas dari Kecamatan Induk yang beribu kota di Desa Gurapin,” Tegasnya.

Sejalan dengan itu, Kepala Desa Gunange Den Muhajir, kepada Haliyora.com via whatsapp, Senin (20/7), membenarkan bahwa tuntutan Pemekaran Kecamatan Kepulauan Guraici adalah komitmen dan kesepakatan rapat pada hari Sabtu kemarin sebagai keputusan bersama 10 Kades yang tergabung dalam BPD bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama yang tergabung dalam FPKG.

Den Muhajir bilang, tuntutan ini akan ditindaklanjuti ke Pemda dan DPRD Halsel untuk segera melakukan pemekaran Kecamatan baru yang terdiri dari 10 Desa di pulau-pulau Guraici.

“Hasil rapat itu semua mendukung usulan pemekaran Kecamatan baru di Guraici, dan setiap Pemerintah Desa di 10 Desa telah memberikan rekomendasi berita acara desa sebagai bukti atau syarat adminitrasi kelayakan melakukan pemekaran di Kecamatan Guraici,” pungkasnya. (Asbar)

Pos terkait