Jubir Gustu Malut: 58 Kasus Positif di Haltim, Karyawan Antam Hanya 12 Orang

  • Whatsapp
Tim Gustu Malut (foto : Jainudin/Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf menyampaikan data pasien positif Karyawan PT. Antam Tbk, yang disampaikan sebelumnya berjumlah 58 tersebut belum valid data rilis pada, Rabu (1/07) kemarin.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, pihak Gustu Provinsi belum memperoleh data awal dari Gugus Tugas Haltim.

“Gugus tugas belum menyampaikan tetapi PT. Antam berinisiatif untuk menyimpankan ke kami dan ternyata pegawainya berjumlah 12 orang positif dan mitranya 15 orang,”terang Alwia.

Kata dia, kasus karyawan Antam yang tertular Covid-19, setalah ada kontak pasien positif yang meninggal di Halmahera Timur dua orang.

Kemudian PT. Antam memfasilitasi pemeriksaan rapid test terhadap masyarakat dan Karyawan sebanyak 946 orang dan didapatkan hasil reaktif 90 orang ditambah dengan ditresing.

Selain itu Antam juga melakukan pemeriksaan swab Kepada 181 orang karyawan dan masyarakat. Dari 181 orang di swab itu didapatkan 58 kasus positif.

Nah, menurut data yang masuk ke Pusdatin, dari 58 orang ini Kariyawan PT. Antam sebanyak 12 orang positif dari 46 yang diswab.

Sementara ada 51 orang dari mitra Antam diswab dengan hasil 15 orang positif, sisanya dari masyarakat sebanyak 31 orang positif dari 84 yang diswab.

“Jadi bukan 58 orang itu semua dari PT. Antam. Ini berdasakan rilis dari pihak perusahan yang di terima Gugus Tugas provinsi,”kata Alwia dalam keterangan pers di hotel Sahid, Kamis (2/07) malam.

Alwia menambahkan, 12 karyawannya Antam dikarantina di lokasi perusahaan.

Adapun pasien dari mitra Antam dan masyarakat, sebagian dikarantina di lokasi Antam sebagian di Gedung Malaria center, Haltim.

Selanjutnya Alwia mengatakan, PT. Antam akan bekerja sama dengan Gugus Tugas Haltim turun ke desa-desa melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang Virus Corona serta pentingnya menerapkan protokol kesehatan. “Kami memberi apresiasi atas niat baik Antam ini,”imbuhnya. (Jae)

Pos terkait