600 Warga Akehuda Bakal Dirapid Test, Reaktif Corona Dikarantina di Rumah

  • Whatsapp
Jubir Gustu Kota Ternate, Muhammad Sagaf (foto: Samsudin/Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate saat ini memberi perhatian lebih terhadap penyebaran Covid-19 di Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara.

Bacaan Lainnya

Terbukti beberapa langkah dan kebijakan mulai dilakukan untuk memutus mata rantai sebaran virus berbahanya itu.

Langkah-langkah yang sudah dilaksanakan antara lain selama dua hari terakhir (Selasa, 19/05/2020 dan Rabu/20/205/2020) telah merapid test warga Akehuda sebanyak 190 orang dengan hasil 17 orang reaktif dan 173 non reaktif. Mereka yang reaktif dikarantina secara mandiri di rumah dengan pangawasan tim medis secara ketat, mengingat tempat karantina yang disediakan Gugus Tugas saat ini sudah penuh terisi pasien.

“Hari pertama (Selasa, red) kami lakukan rapid test terhadap 88 orang warga dengan hasil 9 reaktif dan 79 non reaktif, sedangkan di hari kedua (Rabu,red) ada 102 orang yang lakukan rapid test dengan hasil 8 reaktif dan 94 non reaktif. Jadi total reaktif 17 orang dan non reaktif 173 orang. Mereka yang reaktif itu dikarantina di rumah karena tempat karantina sudah penuh,”ungkap Muhammad.

Penjelasan itu disampaikan oleh juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Ternate, dr. Muhammad Sagaf saat gelar konfrensi pers, Rabu (20/05/2020) di Posko Gustu Kantor Walikota Ternate.

Bukan hanya 190, Gugus Tugas Covid-19 menargetkan merapid test warga Akehuda sebanyak 600 orang. Pelaksanaan rapid test akan ditentukan dalam waktu dekat.

Selain itu, kebijakan lain yang akan diterapkan di Akehuda adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota ternate, Nurbaity Rajabessy menyebut Lockdown Parsial. (Sam)

Pos terkait