SE Gustu Covid-19 RI Picu Lonjakan Penumpang di Bandara Sultan Babullah

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran baru.

Bacaan Lainnya

Surat Edaran (SE) baru bernomor 7 Tahun 2020 itu mengatur tentang kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Merujuk Surat Edaran tersebut, Gugus Tugas Bidang Kesehatan Bandara Sultan Babullah Ternate melakukan penyesuaian dengan mengurangi jumlah persyaratan dokumen kesehatan bagi calon penumpang.

Hal itu disampaikan Kordinator bidang Kesehatan Bandara Sultan Babullah, Muhajir, saat dikonfirmasi Haliyora.com lewat Whatsapp, Rabu (17/06/2020).

“Ada perbedaan berkas calon penumpang terkait surat keterangan kesehatan. Ada pengurangan untuk menyesuaikan Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 RI,”jelasnya.

Kata dia, sesuai SE/Gugus Tugas No.7/2020, berkas calon penumpang saat ini dikurangi.

Tidak seperti sebelumnya, sekarang calon penumpang hanya perlu memiliki KTP, keterangan Rapit Test, dan keterangan hasil Rekomendasi Gugus Tugas Provinsi atau Kabupaten Kota.

“Kemarin yang masih pakai SE/Gugus Tugas No 5/2020 banyaknya syarat berkas calon penumpang, antara lain, surat tugas, keterangan lurah, keterangan sehat, keterangan hasil rapid test, dan Rekomendasi Gugus Tugas Provinsi atau Kabupaten/ Kota,”ungkap Muhajir.

Ia menambahkan, dengan adanya pengurangan berkas calon penumpang itu, berdampak pada peningkatan jumlah penumpang dan penerbangan di Bandara Sultan Babullah Ternate.

“Kenaikan jumlah penumpang sangat signifikan sejak diberlakukannya Surat Edaran nomor 7 itu yaitu sejak tanggal 12 Juni. Penerbangan juga lancar. Hari ini (Rabu,red) saja terhitung ada empat kali penerbangan ke Makassar dan Jakarta,” ujarn Muhajir. (Vik)

Pos terkait