Kapolda Harap Masyarakat Maluku Utara Patuhi Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Kapolda Maluku Utara, Brigjen (Pol) Rikwanto (foto : Samsudin/Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Seperti umumnya pejabat di daerah ini, Kapolda Maluku Utara, Brigjen (Pol) Rikhwanto juga berharap ada kesadaran yang tumbuh dari masyarakat sendiri untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Bahkan menurut Kapolda, tidak perlu ada sanksi kepada masyarakat yang tidak mengikuti protokol kesehatan.

“Soal sanksi bagi masyarakat saya rasa tidak perlu, malahan membuat masyarakat menjauh. Kami harapkan ada kesadaran yang tumbuh dari masyarakat sendiri, dan aparat juga tidak bosan-bosan untuk melakukan sosialisasi,”ujar Rikhwanto kepada sejumlah wartawan usai mengikuti kunjungan ke beberapa pusat perbelanjaan, Rabu (17/06/2020).

Menurutnya, masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, mereka harus menjaga dirinya.

“Jangan cuma dikasih tau terus, jadi harus cuci tangan pakai masker dan jaga jarak itu yang harus dilakukan,”imbuhnya.

Menyinggung soal penerapan New Normal di Kota Ternate, Rikhwanto menjelaskan, New Normal atau relaksasi yang diberlakukan pemerintah Kota Ternate supaya ekonomi bisa berjalan.

“Tapi hasil kajian kami di lapangan ekonomi dan kesehatan harus berjalan bersamaan secara konferensif,”ujar Rikhwanto.

Untuk itu, kata Rikhwanto, tim kesehatan harus kuat begitu juga tim ekonomi harus membuat ketentuan-ketentuan yang membuat ekonomi bisa berjalan.

“Yang jelas masyarakat kita belum menyadari penuh tentang akibat ketidak disiplinan mengikuti protokol kesehatan yang membuat mereka bisa terkena penyakit,”ujarnya.

Kapolda berharap, seiring berjalannya waktu, masyarakat dapat memahami bahaya datangnya Covid, tanpa harus dengan tindakan-tindakan dari aparat keamanan.

“Saya harap kesadaran itu tumbuh dari masyarakat sendiri tanpa harus dengan tindakan aparat keamanan, ”pungkasnya. (Sam)

Pos terkait