Pemprov Malut Kembali Raih Opini WTP dari BPK

  • Whatsapp
Anggota VI BPK RI Harry Azhar Azis Bersama Pemprov Malut (foto : Andre/Haliyora.com)

Sofifi, Haliyora.com

Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (RI) Perwakilan Maluku Utara memberikan apresiasi terkait pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam upaya-upaya perbaikan yang telah dilakukan atas pengelolaan keuangan daerah.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Anggota VI BPK RI Harry Azhar Azis melalui Media Room meeting’s pada Rapat Paripurna istimewa DPRD Malut yang digelar di ruang sidang DPRD Provinsi Maluku Utara Rabu, (17/6)

Harry mengungkapkan, berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK, atas laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Maluku Utara Tahun Anggaran 2019 memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“BPK dengan penuh keyakinan memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Pemprov Malut.” Ujar Harry

Pencapaian opini WTP oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara kata Harry. diharapkan menjadi motivasi bagi Pemerintah Daerah untuk tetap melakukan perbaikan dalam tata kelola keuangan, dan pencapaian opini WTP tidak akan meluluhkan upaya Pemerintah Provinsi Maluku utara dalam melakukan perbaikan-perbaikan dengan senantiasa memprogrami ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Menurutnya, selain memberi opini pemeriksaan tersebut, BPK juga telah mencermati hasil pembangunan yang dicapai oleh Pemprov Malut, dengan mensinergikan hasil pembangunan dari pelaksanaan Alokasi Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun berbagai kebijakan yang dibuat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Lebih jauh ia menjelaskan, tolak ukur keberhasilan pembangunan dapat dilihat dari angka presentase kemiskinan, tingkat pengangguran, dan indeks pembangunan manusia.

Dimana sesuai data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk tahun 2019 menyebutkan bahwa presentase kemiskinan di Maluku utara sebesar 6,91 persen sedangkan secara nasional angka kemiskinan 9,22 persen. “Artinya angka kemiskinan di Maluku utara lebih baik dari pada provinsi yang lain” Tutupnya (Andre)

Pos terkait