Update Covid-19 Malut per 17 Juni: Tambahan Positif di Ternate dan Tidore

  • Whatsapp
Perkembangan Covid-19 Maluku Utara (foto : Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara kembali menyampaikan situasi terkini perkembangan covid 19 Maluku Utara per 17 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Dalam keterangan tertulis diterima Haliyora.com pada Rabu (17/06/2020) disampaikan perkembangan situasi Covid-19, bersumber dari pengolahan data dan pusat data dan informasi gugus tugas Covid-19 Maluku Utara yang diperoleh dari dinas kesehatan kabupaten/kota KKP kelas III Ternate

Sebagaimana dijelaskan bahwa jumlah orang tanpa gejala (OTG ) hari ini 972, mengalami penambahan sebanyak 25 orang, secara total penambahan terdapat di empat kabupaten/kota yakni Kabupaten Halbar, Halut, Pulau Morotai, dan Kota Tidore Kepulauan, hal ini karena ada tracking dengan pasien positif. Selain penambahan ada pengurangan yang terdapat di Kabupaten Hatim dan Kota Ternate.

Untuk kasus Orang Dalam Pemantauann (ODP) pada hari ini, Rabu (17/06/2020) tercatat 84 orang, mengalami pengurangan pemantauan sebanyak empat orang di Kabupaten, Halsel dan Kota Tidore kepulauan .

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat 42 orang pada hari ini, mengalami penambahan satu orang. Penambahan terdapat di Kota Tidore Kepulauan.

Tabel Sebaran Positif Covid-19, Sembuh dan Meninggal Per Kab/Kota (foto : Haliyora.com)

Selain itu, tim juga menyampaikan perkembangan terbaru jumlah orang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil yang diterima dari PCR Prodia Ternate, diperiksa sebanyak 13 orang untuk diagnosis, dengan hasil pemeriksaan konfirmasi positif tujuh orang dengan sebaran empat orang dari Ternate dan tiga orang dari Tikep, maka jumlah terkonfirmasi positif di provinsi Maluku Utara pada hari ini menjadi 322 orang. Selanjutnya kasus ini disebut kasus 316-322

selanjutnya untuk kasus orang sembuh tidak bertambah tetap berjumlah 48 orang sama seperti kemarin. Begitu juga jumlah kasus meninggal pada hari ini tidak ada kenaikan tetap diangka 22 orang.

Sementara untuk pemeriksaan rapid test sejauh ini telah dilakukan pemeriksaan kepada 7.212 orang dengan hasil 676 orang reaktif dengan status 404 OTG, 78 ODP, 52 PDP dan 142 orang pelaku perjalanan dari daerah terjangkit sedangkan 6.536 orang dengan hasil Rapid test non reaktif.

Dalam keterangan itu juga dinyatakan pasien yang sementara dirawat pada rumah sakit umum Chasan Boesorie sebanyak 40 orang diantaranya 24 orang kasus positif Covid-19, lima ODP,dan 11 PDP.

Dan menjalankan karantina di Hotel Shahid sebanyak 83 orang dengan rincian 73 orang pasien terkonfirmasi positif, satu orang OTG, delapan orang PDP, dan satu orang pelaku perjalanan. (jae)

Pos terkait