Empat Kelompok Pengeluaran Picu Inflasi April 2020 Ternate

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali merilis Berita Resmi Statistik (BRS) terkait Perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) dan inflasi April 2020 Kota Ternate, Senin (04/05/2020).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data BPS tersebut, disebutkan pada April 2020, Kota Ternate mengalami inflasi sebesar 0,12 persen dengan IHK sebesar 104,86. Dari 11 kelompok pengeluaran, empat diantaranya mengalami inflasi sehingga, deflasi pada dua kelompok dan lima kelompok pengeluaran pada posisi stagnan.

Kelompok yang mengalami inflasi yaitu makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,60 persen, perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga (0,17 persen), rekreasi, olahraga dan budaya (0,15 persen) serta perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1,25 persen.

Adapun kelompok yang mengalami deflasi yakni transportasi sebesar 4,50 persen dan informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,66. Sementara kelompok yang berada pada posisi stagnan yakni pakaian dan alas kaki, perumahan, air, listrik, dan bahan bakar lainnya, kesehatan, pendidikan serta penyediaan makanan dan minuman/restoran pada posisi stagnan. (Red)

Pos terkait