Merasa Kehilangan, Ini Kata Mereka Tentang Sosok AKBP Azhari Juanda

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Kapolres Ternate, AKBP. Azhari Juanda sudah melepas jabatanya sebagai pucuk pimpinan di Polres Ternate. Ia digantikan pejabat baru. Azhari sendiri berpindah tugas. Kini Ia bersiap meninggalkan Ternate, sekaligus meninggalkan markas Kepolisian Resort (Polres) Ternate.

Bacaan Lainnya

Selama Dua tahun dua bulan memimpin Polres Ternate banyak memberi teladan kepada bawahannya. Banyak anak buah Azhari merasa kehilangan sosok pemimpin teladan. Salah satu pembantu utamanya yang mengaku sangat merasa kehilangan adalah Wakapolres Ternate, KOMPOL. Jufri Dokumalamo.

Perwira berkumis tebal itu mengatakan, mantan pimpinannya itu sebagai sosok pemimpin motivator.

Azhari di mata Jufri adalah pemimpin yang mengedepankan sifat kebapakan daripada bersikap sebagai komandan.

“Beliau selama memimpin kami lebih banyak memberikan keteladanan daripada perintah dengan kata-kata. Jadi ada istilah mengatakan bahwa satu keteladanan lebih berarti dari seribu kata-kata nasehat. Setiap saat beliau selalu memberikan motivasi kepada kami seluruh personil Polres Ternate. Itu dilakukan beliau bukan dengan cara berbicara saja tapi dibarengi dengan perbuatan. Oleh karena itu jujur saya katakan, Polres Ternate sangat merasa kehilangan dengan sosok pemimpin yang luar biasa itu,” ungkap Jufri kepada Haliyora.com, Minggu (03/05/2020) di ruang kerjanya.

Meski begitu Jufri menyadari, bahwa kepergian AKBP. Azhari dari Ternate karena panggilan tugas yang harus siap dijalani.

Wakporles Ternate itu ikhlas melepas kepergian mantan komandannya itu dengan selaksa do’a, semoga Azhari selalu sukses menjalankan amanah yang diberikan kepadanya.

Di pihak lain, hal yang sama dirasakan oleh Ketua GP Ansor Kota Ternate, Rahdi Anwar.

Senada dengan wakapolres, Rahdi Anwar menilai mantan Kapolres Ternate, Azhari Juanda sebagai sosok pemimpin yang bijaksana, proaktif dan selalu memberikan motivasi.

“Kami Dari GP Ansor Kota Ternate sering kerjasama dengan bapak Kapolres. Beliau itu menurut saya orangnnya proaktif, bijaksana, motivator memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa.

Menurut Rahdi, Azhari memiliki sifat kepemimpinan yang mengayomi, bukan saja kepada anggota yang dipimpinnya, tetapi mengayomi seluruh warga masyarakat.

“Jadi menurut saya pak Azhari itu bukan hanya Kapolres, tetapi pemimpin semua masyarakat dimana ia bertugas,”ungkap Rahdi kepada Haliyora.com, Minggu (03/05/2020).

Makanya, dirinya mengaku kaget ketika mendengar kabar bahwa Kapolres Ternate diganti.

Meski begitu, ia pun menyadari bahwa Azhari pergi karena panggila tugas dan pengabdian terhadap negara.

“Saya hanya berdo’a semoga beliau tetap sehat dan sukses menjalankan tugas baru yang diembannya. Saya juga berharap Kapolres baru yang menggantikan pak Azhari dapat bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat, utamanya OKP yang ada di Ternate demi menjaga ketertiban dan keamanan Kota Ternate yang kita cintai,”pungkasnya. (Rico)

Pos terkait