Walikota Buka Festival Kora-Kora dan Launching HJT ke-769

- Editor

Sabtu, 7 Desember 2019 - 22:01 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TERNATE — Haliyora, Area Landmark Kota Ternate yang biasanya ramai dipadati warga kota, terlihat lebih meriah pada Sabtu (7/12). Pasalnya, di titik nol kota Ternate tersebut, Walikota Burhan Abdurahman membuka pelaksanaan Festival Kora-Kora ke-IX tahun 2019 yang dirangkaikan dengan launching Hari Jadi Ternate (HJT) ke-769.

Pembukaan festival Kora-Kora ditandai dengan pemukulan dolo-dolo oleh Walikota Ternate dan diikuti seluruh Forkompinda Kota Ternate. Pada kesempatan tersebut, turut hadir dan memukul dolo-dolo, Danrem 152 Babullah Kolonel Inf Endro Satoto.

Walikota Ternate Burhan Abdurahman dalam sambutannya mengatakan, Festival Kora-Kora ke- IX tahun 2019 ini mengalami peningkatan kegiatan dibanding tahun sebelumnya. Ini disebabkan adanya evaluasi dan inovasi yang dilakukan penyelenggara festival.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

” Oleh karena itu, selaku Walikota Ternate, saya mengapresiasi kerja panitia penyelenggara, khususnya kepada Dinas Pariwisata Kota Ternate, yang berupaya keras melakukan evaluasi dan inovasi demi terselenggaranya acara festival yang lebih baik,” ujarnya.

Burhan meminta pelaksanaan acara festival kora-kora ini terus dikembangkan guna menghadapi iven nasional dan internasional yang direncanakan akan berlangsung di Maluku Utara pada umumnya dan kota Ternate pada khususnya.

BACA JUGA  Natal 2023, Dandim Labuha Kerahkan Prajurit TNI Perketat Keamanan Gereja 

Lebih jauh, Burhan menjelaskan bahwa pada tahun 2021 nanti, diperkirakan kurang lebih 15 ribu wisatawan dari Portugis dan Spanyol akan mengunjungi Maluku Utara, khusunya Ternate, Tidore, Halmahera Barat dan Halmahera Selatan.

“Ini momentum yang sangat tepat bagi kita untuk mempromosikan berbagai potensi pariwisata yang ada di Ternate. Oleh karenanya, iven seperti festival kora-kora ini harus terus dikembangkan untuk menyesuaikan dengan pelaksanaan iven pariwisata yang bersifat nasional dan internasional pada tahun 2021 tersebut,” lanjutnya.

Burhan menambahkan bahwa merupakan suatu kerugian yang besar jika kunjungan wisatawan mancanegara dengan jumlah yang besar tersebut, tidak dapat dimanfaatkan oleh Pemkot dan warga kota Ternate.

“Sejak ratusan tahun lalu, nenek moyang bangsa asing sudah mendatangi daerah kita untuk keuntungan mereka. Ini ditandai dengan akan diselenggarakannya aperingatan 500 tahun ekspedisi rempah-rempah oleh bangsa Spanyol dan Portugis. Untuk itu, kedatangan belasan ribu wisatawan kali ini harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Baik untuk potensi pariwisata kota Ternate, maupun pengembangan ekonomi warga kota,” tandas Burhan.

BACA JUGA  Husni Bopeng dan Kapolres Ternate Berbagi Takjil di Panti Asuhan

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Samin Marasaoly dalam laporannya menjelaskan bahwa terdapat perbedaan pada festival kora-kora kali ini, jika dibandingkan dengan pelaksanaan pada tahun sebelumnya.

Samin memberikan contoh terkait partisipasi peserta lomba dayung. Jika pada tahun sebelumnya hanya terdapat 20 peserta, maka pada tahun ini melonjak drastis menjadi 42 peserta.

Cakupan keterwakilan peserta lomba dayung pun semakin luas. Jika sebelumnya hanya terdapat peserta dari Ternate dan Halbar, maka pada tahun ini peserta lomba dayung juga berasal dari Kepulauan Sula dan Ambon.

“Ini menandakan bahwa iven festival kora-kora sudah meluas gaungnya. Kami berharap dukungan masyarakat agar pada penyelenggaraan di tahun mendatang, festival kora-kora dapat lebih luas lagi gaungnya sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi pariwisata kota Ternate,” pungkas Samin. (rbk)

Berita Terkait

Alam Bawah Laut di Tikep jadi Incaran Wisatawan Asing
Natal 2023, Dandim Labuha Kerahkan Prajurit TNI Perketat Keamanan Gereja 
FTW 2023 Bakal jadi Rujukan Pelaksanaan Festival di Indonesia
Ribuan Wisatawan Banjiri Pembukaan FTW 2023 di Sula
Rencana Boikot Festival Pulau Widi Ditanggapi Komisi III DPRD
FTW 2023 Siap Digelar, Menparekraf Hingga Dubes Luar Negeri Bakal Hadir
Waow ! Pemkab Halsel Ancam Boikot Festival Pulau Widi
Sultan Hidayatullah : Pemkot Setengah Hati Bangun Budaya Ternate
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 April 2024 - 15:23 WIT

Tertibkan Baliho Ucapan Idul Fitri Hingga Lapak Liar, Kasatpol PP Ternate Tegaskan Ini

Senin, 22 April 2024 - 15:05 WIT

Petahana Optimis Kantongi Rekomendasi Demokrat di Pilbup Sula

Senin, 22 April 2024 - 14:00 WIT

Maju Pilbup Halsel AHD Incar 10 Parpol, Intip Profilnya

Minggu, 21 April 2024 - 20:09 WIT

Marlina Buamona Bacabup Pertama yang Kembalikan Berkas ke Demokrat

Minggu, 21 April 2024 - 18:58 WIT

Dicap Kader Wantex, Peluang Petahana Fifian Mus di PDIP Makin Tipis

Minggu, 21 April 2024 - 14:29 WIT

Kota Ternate Jadi Tuan Rumah Kampanye ‘Lawan Obesitas’

Minggu, 21 April 2024 - 14:03 WIT

2 Tahun Dikerjakan, Proyek Misterius di Pulau Dodola Mangkrak

Minggu, 21 April 2024 - 13:07 WIT

Diduga Korsleting Listrik, Kantor Bupati Pertama Halsel Ludes Dilalap Api

Berita Terbaru

LO dari Petahana Fifian Adeningsih Mus kembalikan formulir pendaftaran penjaringan Balon Bupati Sula ke DPC Partai Demokrat.

Headline

Petahana Optimis Kantongi Rekomendasi Demokrat di Pilbup Sula

Senin, 22 Apr 2024 - 15:05 WIT

Headline

Maju Pilbup Halsel AHD Incar 10 Parpol, Intip Profilnya

Senin, 22 Apr 2024 - 14:00 WIT

error: Konten diproteksi !!