Kunjungi PT. IWIP, Pemda Haltim Minta Disejajarkan dengan Halteng

  • Whatsapp
Bupati dan Wakil Bupati Haltim, mengunjungi PT. Indonesia Weda  Bay Industrial Park (IWIP) di Desa Lelilef

Maba, Haliyora

Bupati dan Wakil bupati Halmahera Timur (Haltim) Ubaid Yakub dan Anjas Taher, pada  Kamis (03/06/2021) mengunjungi PT. Indonesia Weda  Bay Industrial Park (IWIP) di Desa Lelilef, Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan tersebut, bupati disertai seluruh pimpinan DPRD Haltim, Sekretaris Dewan, serta sejumlah pejabat daerah.

Bupati dan rombongan disambut Vice Presiden PT. IWIP/GM. HR. External Wahyu Budi santoso dan pejabat IWIP lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa selain silaturahmi dengan manajemen PT. IWIP, juga memastikan status wilayah  Kabupaten Halmahera Timur yang masuk dalam KP PT. IWIP.

Bupati mengatakan terkait status wilayah KP, selama ini Kabupaten Haltim  hanya dikategorikan sebagai daerah penyangga, bukan  penghasil oleh PT. IWIP, padahal berdasarkan peta KP PT. IWIP, sekitar 44 persen wilayah Kabupaten Halmahera Timur masuk dalam KP PT. IWIP.

“Oleh karena itu, kami meminta agar pihak perusahaan kiranya membantu dan mendukung kami agar status Haltim sama dengan Halteng yaitu daerah penghasil,” tandas Bupati.

Sementara, pihak IWIP mempresentasikan beberapa kegiatan yang dititikkan di Haltim, yakni Kecamatan Wasile Selatan yang bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) berupa dukungan pencegahan Covid-19, pembangunan rumah ibadah dan sarana pendidikan serta kesehatan.

Keterangan pihak IWIP dalam presentasinya itu ditanggapi Wakil Bupati Haltim Anjas Taher.  Menurut Wabup, jika wilayah Haltim masuk dalam wilayah pertambangan IWIP,  maka realisasi dana CSR harus sama dengan Haltim, karena wilayah operasi tambang PT. IWIP di Haltim dan Halteng seimbang.

“Jadi realisasi anggaran CSR jangan cuma di Wasile Selatan, akan tetapi merata hingga ke Maba Selatan,” tegas Anjas.

Wakil bupati yang juga Ketua Golkar Haltim itu meminta pihak perusahaan agar segera memberikan data rencana penyaluran dana CSR serta data jumlah karyawan asal Haltim yang direkrut hingga saat ini.

Usai pertemuan, bupati dan rombongan didampingi pejabat PT. IWIP   mengunjungi pembangunan smelter, pelabuhan, serta PLTU yang saat ini sudah mulai beroperasi. (RH-1)

Pos terkait