Pencari Kerja di Haltim Melonjak 

Disnaker Haltim, Thaib Samsudin

Maba, Haliyora

Pencari kerja di Halmahera Timur (Haltim)  tahun 2021 yang mengurus kartu kuning sejak Januari hingga Maret 2021 tercatat sudah sebayak 1.121 orang.

Bacaan Lainnya

Menurut operator pembuatan  kartu kuning Disnaker Haltim, Thaib Samsudin, bahwa pencari kerja di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim)  tahun 2021 naik signifikan. 

“Bayangkan, baru tiga bulan di awal tahun sudah 1.000 lebih pencari kerja membuat kartu kuning sebagai syarat lamaran kerja. Ini di luar perkiraan kami,” ujarnya, Selasa 30/03/2021) 

Kata Thaib, dibandikan data pencari kerja tahun 2020, dimana hingga Desember hanya mencapai 954 pencari kerja dengan rincinan  kecamatan Wasile sebanyak 171, Kota Maba 123 orang, Wasile Timur 123 orang, Wasile Tengah 98 orang, Wasile Selatan 92 orang, Maba Selatan 88 orang, Maba Tengah 72 orang, Maba 67 orang, Wasile Utara 64 orang dan Maba Utara 56 orang,”  total  pencari kerja tahun 2020 sebanyak 954 orang,” terangnya. 

Dikatakan, sesuai data, mayoritas pencari kerja di sektor  pertambang. Mayoritas pencari kerja berminat melamar kerja di PT. IWIP, dan PT. Sembake Tambang Sentosa (STS). “Dua perusahan tambang ini paling banyak peminatnya,”ungkap Thaib.

Ditanyai terkait sebaran pencari kerja per kecamatan mulai Januari sampai Maret 2021 ini, Thaib mengaku belum melakukan perekaman. ”Saya belum tau persis, karena belum direkam. Nanti kita sampaikan daftar terakhir. Sementara saya lihat yang dominan wilayah Wasilei. Yang jelas tahun ini pencari kerja di Haltim meningkat sangat tinggi.

Terpisah, Kabid Tenaga Kerja Disnaker Haltim, Ifdal Rajak menbenarkan banyak pencari kerja ingin melamar di PT. IWIP, meski demikian, pihaknya mencatat baru 40 orang pencari kerja yang memasukkan lamaran kerja ke PT. IWIP melalui Disnaker.

“Memang banyak orang yang mau melamar kerja di PT. IWIP, tapi hingga kini baru tercatat yang mendaftarkan diri melalui Disnaker sebanyak 40 orang. Mungkin mereka butuh cepat, makanya ada yang memasukkan berkas lamaran secara langsung melalui PT. IWIP di Weda, Halteng,” ungkapnya. 

Ifdal mengatakan pencari kerja yang memasukkan lamaran melalui Disnaker  dalam waktu dekat berkas lamarannya diantarkan ke PT. IWIP oleh Kadis Naker.

“Ini demi memastikan berkas pelamar melalui Disnaker ditindaklanjuti, bahkan kami akan komunikasikan minimal putra daerah Haltim sebagai skala prioritas,” pungkasnya. (RH-1)

Pos terkait