ADD Tahap III Tahun 2020 Belum Dicairkan, BPKPAD Pulau Taliabu Bungkam

Bobong, Haliyora

Sebanyak 46 desa dari 71 desa di Kabupaten Pulau Taliabu belum mendapatkan 20 persen Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2020 tahap III.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana disampaikan salah satu kepala desa yang namanya enggan dipublis, kepada Haliyora mengaku sekitar 40 lebih desa di Kabupaten Pulau Taliabu belum menerima Dana Desa tahap III sebesar 20 persen.

“Ada sekitar 40 desa lebih yang belum dapat Alokasi Dana Desa (ADD) tahap III Tahun 2020 sebesar 20 persen,” ungkapnya, Selasa (12/01/2020).

Katanya, hingga saat ini belum ada kepastian dari pihak keuangan daerah kapan dana desa tahap III dicairkan.

“Belum ada kejelasan pihak keuangan daerah terkait kapan DD tahap III tahun 2020 untuk 40 desa lebih itu dicairkan,” kata dia.

Terpisah, saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Admistrasi Pemerintahan Desa, Muh. Salim Ode Hewi, mengaku dirinya tidak mengatahui anggaran ADD tahap III tahun 2020 sebesar 20 persen belum dicairkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Pulau Taliabu.

“Saya tidak tau. Saya juga baru mendengar informasi ini karena selama ini  tidak ada kepala desa yang datang ke kantor untuk kasi tau hal itu, makanya saya baru tau juga ini,” ungkap Muh. Salim Ode Hewi saat di konfirmasi media ini Selasa (12/01).

Salim menjelaskan, soal pencairan ADD bukan kewenangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), kewenangan DPMD hanya mengurus administrasi, sedangkan pencairan adalah kewenangan BPKPAD.

“Kami di dinas hanya urus adminstri dan mengajukan permintaan, soal pencairan itu kewenangan BPKPAD, dan setau saya kami sudah mengajukan permintaan pencairan untuk tahap I, II maupun tahap III,” ujarnya.

Sementara kepala BPPKAD Kabupaten Pulau Taliabu, Irwan Mansur, tidak dapat di hubungi. Beberapa kali Haliyora menguhubungi lewat telepon, SMS dan Whatsapp tapi tidak ada respon balik. (Ham-1)

Pos terkait