Banyak ASN di Taliabu Absen, Ini Penyebabnya

Bobong, Haliyora

Apel pada hari pertama minggu kedua tahun 2021 pada Senin (11/01/2020)  di kantor Bupati Pulau Taliabu hanya diikuti oleh 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 130 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Bacaan Lainnya

Padahal jumlah ASN di lingkup Pemkab Pulau Taliabu yaitu sebanyak 1.137 orang berdasarkan data update Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Setda Pulau Taliabu per Desember 2020.

Asisten I Setda Kabupaten Pulau Taliabu,  Ahmad Silawane menegaskan, sesuai  Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS, bahwa ASN harus  menghadiri/mengikuti apel pagi dan sore.

Ahmad menduga, penyebab kedisiplinan pegawai menurun karena pandemic Covid-19 yang juga membolehkan pegawai melaksanakan tugas perkantoran dari rumah.

“Dalam kondisi pandemi covid-19 ini kelihatannya disiplin pegawai menurun. Mungkin saja karena mereka berpikir kondisi covid-19 ini ada aturan yang mengiakan bekerja dari rumah dan bekerja di kantor,” ungkapnya saat dikonfirmasi Haliyora, Senin (11/01/2021) di ruang kerjanya.

Meski begitu, Ahmad mengingatkan bahwa  para pegawai harus tahu bahwa Kabupaten Pulau Taliabu masih dalam zona hijau, jadi tidak ada alasan melaksanakan tugas-tugas kantor dari rumah. “Kabupaten Taliabu ini Zona Hijau, jadi tidak ada alasan bekerja dari rumah,” tandasnya.

Ahmad menghimbau kepada seluruh ASN pada lingkup Pemda Pulau Taliabu agar melaksanakan aktifitas perkantoran di kantor masing-masing.

“Saya melihat ada sebagian ASN sengaja memanfaatkan kondisi pandemi covid-19 sejak bulan Maret 2020 lalu sampai saat ini tidak masuk kantor. Jadi saya harap agar semua ASN segera berkantor seperti biasa,” imbuhnya. (Ham-1)

Pos terkait