Kata Mereka Tentang Yamin Tawary (YT)

Ternte, Haliyora

Bagi warga Maluku Utara, khususnya Kota Ternate, Yamin Tawary atau biasa disapa YT bukan nama asing di telinga mereka. Nama YT sendiri sudah populer sejak menempuh pendidikan di Sekolah Persiapan (SP) IAIN Ternate.

Bacaan Lainnya

YT Kala itu dikenal sebagai aktifis dibawah PII dan HMI selalu tampil ke depan menyuarakan berbagai kritikan kepada pemerintah yang dinilai tidak pro rakyat saat itu.

Usai menyelesaikan pendidikan sarjana mudanya di IAIN Ternate, YT melanjutkan pendidikannya ke ibu kota negara, Jakarta.

Di Jakarta, ia semakin meningkatkan aktifitasnya sebagai sosok pergerakan sehingga diperhitungkan dikancah nasional. Terbukti ia dipercaya memegang jabatan penting di beberapa organisasi kepemudaan dan mahasiswa seperti Pengurus Besar (PB) HMI dan Sekjen AMPI.

Dari tempaan berbagai organisasi nasional tersebut, YT kemudian merambah ke dunia politik. Golongan Karya adalah tempat pertama YT merintis karier politiknya.

Di Golkar, YT berhasil menempati posisi sebagai salah satu wakil ketua DPP. Dari Golkar pula, ia berhasil duduk di kursi DPRD dan MPR RI, kemudian ditunjuk sebagai Ketua DPD I Golkar pertama di Provinsi Maluku Utara.

Kini, YT kembali ingin mengabdi secara total di Kota Ternate dengan maju sebagai calon walikota Ternate berpasangan dengan Abdullah Taher dalam pilwako 2020.

Atas pencalonannya ini, beberapa warga memberikan apresiasi terhadap sosok Yamin Tawari.

Ismail, salah seorang warga di Kecamatan Ternate Selatan menyatakan ketertarikannya terhadap sosok Yamin. Menurut pensiunan PNS itu, Yamin adalah seorang tokoh yang sangat cerdas dan memiliki visi ke depan membangun Kota Ternate lebih baik.

“Saya pernah bacarita langsung dengan pak Yamin sebelum ada agenda pilkada ini. Beliau (YT) gambarkan apa yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat Kota ini ke depan kalau ingin Ternate lebih baik dan sejahtera masyarakatnya. Dengan bahasa sederhana, semua yang pak Yamin jelaskan itu realistis dan masuk akal, seperti bagaimana mengatasi krisis air bersih, mendorong peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat dengan mengoptimalkan produksi berbasis potensi sumberdaya lokal melalui UMKM dan banyak lagi,” ujar mantan pejabat di salah satu Kabupaten itu, Senin (28/09/2020).

Lain lagi dengan Pak Usman, warga salah satu kelurahan di Ternate Utara. Ia mengaku suka dengan Yamin Tawari lantaran sangat lancar berbahasa Ternate.

“Saya ini orang Ternate asli, tapi saya kagum dengan cara pak Yamin Tawari berbahasa Ternate. Saya sudah sering dengar paitua ceramah atau khotbah pake bahasa Ternate. Paitua kan tinggal di Siko sejak kecil, jadi kalau datang ke Ternate pasti paitua diundang cermah atau khotbah di kampong-kampong. Paitua kalu berbahasa Tarnate tu sangat halus, bahkan lebih bagus dari orang asli Ternate sekarang model saya ini. Paitua juga jaga bikin dola bololo yang saya kira kebanyakan torang disini me tara tau. Ini baru namanya calon pimpinan yang faham karakter orang Ternate. Sebab orang jaga bilang “Bahasa itu menunjukkan identitas, jati diri dan karakter satu kaum,” ujar Usman kagum.

Bukan hanya itu, Isnawati, salah seorang mahasiswi salah satu Perguruan Tinggi menilai Yamin Tawari sangat layak dipilih memimpin Kota Ternate. Ismawati menyatakan kekagumannya kepada YT lantaran mengusai beberapa bahasa daerah, bahkan berbahasa Inggris dengan baik.

“Saya saksikan langsung paitua menjawab pertanyaan salah seorang cewe waktu dialog public di Jarod. Jadi saya langsung menghayal, masyarakat Ternate bahkan seluruh Maluku Utara akan bangga jika ko Yamin jadi walikota kong ada kunjungan ke luar negri mempresentasikan Kota ternate di dunia internasional dengan menggunakan bahsa Inggris, pasti kren to. Makanya saya sudah pastikan untuk pilih ko Yamin 9 Desember nanti,”ucap Isnwati bangga. (Red-1)

Pos terkait