Pansus Covid-19 DPRD Halsel Minta Satgas Terapkan Protap Kesehatan

  • Whatsapp

Halsel, Haliyora.com

Ratusan masa mengatasnamakan pendukung Bahrain Kasuba-Muchlis Sangaji, pada Selasa (15/09/2020) kemarin melakukan aksi di depan kantor KPU dan Bawaslu Halsel.

Bacaan Lainnya

Masa memadati ruas jalan di depan kedua kantor tersebut, sehingga akses jalan melalui jalur tersebut seakan tertutup untuk dilalui kendaraan.

Bukan hanya itu, para pendemo juga terlihat tidak lagi menaati protokol kesehatan dalam melakukan aksinya.

Sementara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Halsel tidak melakukan tindakan penertiban atau pencegahan. Mereka seakan menutup mulut dan mata menyaksikan kondisi yang sangat berpotensi memicu terjadinya penyebaran Virus Corona itu.

Ketika ditanya Haliyora.com terkait sikap Satgas Covid-19 terhadap situsi tersebut, pada Selasa (15/09/2020) kepada Daud Djubedi yang sebelumnya menjabat sebagai Gustu Covid-19 Pemda Halsel, enggan berkomentar. Ia tak mau merespon pertanyaan Haliyora.com melalui Whatsapp dan panggilan telpon.

Pantauan Haliyora.com aksi masa dilakukan Aliansi Generasi Muda Togale (AGMT) dan Aliansi Pemerhati Demokrasi (APD) dipimpin korlap Ridwan Towara dan Amrul Dotoru dalam dua mingggu terakhir melibatkan ratusan massa tanpa memperhatikan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker saat turun ke jalan.

Ketua Pansus Covid-19 DPRD Halsel Salma Samad, saat dikonfirmasi Haliyora.com, Selasa (15/9/2020) mengatakan bahwa, sampai saat ini Gustu belum dibubarkan hanya saja di rubah nama menjadi Komite.

“Saya sebagai ketua pansus merekomendasikan kepada Satgas penanganan Covid-19 harus menjalankan protokol kesehatan, kita lihat aksi demonstrasi dilakukan beberapa hari ini, mereka tidak mengikuti protokol kesehatan, masa aksi harus tetap memakai masker, menjaga jarak dan lain-lain, kalau tidak takutnya memicu terjadi klaster baru di Halmahera Selatan,” ucapnya.

Salma mengatakan Halmahera Selatan masih ada beberapa pasien positif Covid-19. Baginya pandemi Covid-19 di Halmahera Selatan belum berakhir. Untuk itu Gustu Halsel atau apapun namanya harus tetap mengawasi dan menjaga penerapan protokol Covid-19 di masyarakat.

“Pansus DPRD Halsel merekomendasikan kepada satgas/Gustu Halsel untuk menerapkan dan memberlakukan protokol kesehatan terhadap kegiatan kerumunan. Satgas harus tegas apabila aksi yang dilakukan tidak mengikuti protokol kesehatan maka harus dibubarkan. Jika masa aksi tidak tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak maka satgas jangan mengijinkan mereka melakukan aksi, harus membubarkan aksi itu,‚ÄĚtandasnya. (Asbar-1)

Pos terkait