Hasil Rapid Test Ternate: 3 Reaktif, 55 Non Reaktif

  • Whatsapp
Jubir Gustu Kota Ternate, Muhammad Sagaf (foto: Samsudin/Haliyora.com)

Ternate Haliyora.com

Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate kembali merilis hasil rapid test 58 orang di sejumlah Puskesmas di Kota Ternate. Tercatat, dari jumlah itu, tiga dinyatakan reaktif sedangkan 55 non reaktif. Ke 58 orang yang menjalani rapid test itu masing-masing 17 di Puskesmas Kalumata dan Kalumpang, sedang masing-masing tujuh di Puskesmas Kampung Pisang dan Siko.

Bacaan Lainnya

“Dari tiga yang dinyatakan reaktif itu, satu berasal dari Puskesmas Kalumata. Dari 13 orang yang dirapid test, satu dinyatakan reaktif sedangkan 12 dinyatakan non reaktif,” kata juru bicara (Jubis) Gustu Kota Ternate, Muhammad Sagaf pada saat konferensi Pers di kantor Walikota Sabtu (09/05/2020).

Satu pasien reaktif itu adalah pelaku perjalanan yang berasal dari Kabupaten Halmahera Selatan. “Yang bersangkutan sudah diamankan dan dikarantina di Hotel Dragon. Sudah dilakukan hasil rapid test yang pertama dan yang kedua khususnya Kalumata,” ujarnya. 

Sementara dari lima orang yang dilakukan rapid test kedua, dua memiliki kontak langsung dengan pasien positif dari 042. Kemudian dua lagi telah kontak dengan pasien positif dengan inisial RA dan SAB. 

“Dua orang ini memang melakukan kontak langsung dengan pasien yang klasternya dari Tamboro tapi yang lima orang itu dari rapid test kedua di nyatakan non reaktif,” lanjutnya.

Sementara untuk Puskesmas Ternate Tengah, dari tujuh yang seharusnya menjalani rapid test, satu diantaranya belum. Sedangkan enam yang sudah dinyatakan hasilnya non reaktif.

Untuk Puskesmas Kota, satu orang belum dirapid test karena yang bersangkutan tidak datang. “Nanti Tim Gugus Tugas melakukan langkah persuasif sehingga yang bersangkutan bisa datang. Kita juga butuh koordinasi yang baik dengan beliau,” tutup Sagaf. (Sam)

Pos terkait