Naikkan Anggaran Covid-19, Pemkot Ternate (masih) Kaji Belanja APBD

  • Whatsapp
Walikota Ternate Burhan Abdurahman (foto: Samsudin/Haliyora.com)

Ternate Haliyora.com

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara (Malut) saat ini mencapai angka 50. Dan Kota Ternate salah satu yang menyumbang pasien positif dengan angka 29 atau lebih dari setengah yang merupakan terbanyak di Malut.

Bacaan Lainnya

Atas dasar itulah, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate berencana menaikkan anggaran yang cukup besar untuk penanganan wabah virus berbahaya ini.

“Sementara lagi disusun refokusing. Yang jelas lagi disiapkan. Kita kan tidak tau Covid ini berakhir kapan. Untuk itu, kita akan mengantisipasi dengan anggaran yang cukup,” Walikota Ternate, Dr Burhan Abdurahman saat diwawancarai awak media, Jumat (08/05/2020).

Tanpa merinci jumlahnya, Burhan hanya mengatakan anggaran tersebut lagi disusun. “Kita juga menyesuaikan mana kegiatan atau program. Dan mana yang jalan, mana yang dipending,” tuturnya.

Pemkot sendiri, imbuhnya, berencana akan memotong biaya perjalanan dinas, belanja barang dan jasa, dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak penting.

“Yang jelas soal angkanya itu belum pasti, karena kita juga akan memakai akademisi untuk mengkaji lagi soal itu,” ujar Burhan beralasan.

Menurutnya, dana yang ditransfer dari pemerintah pusat sudah dikurangi. Sementara anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) juga dipastikan akan berkurang. Dan antisipasinya dengan mengurangi porsi belanja.

“Baru kita siapkan untuk anggaran Covid. Tujuan penghapusan belanja tersebut untuk membiayai anggaran Covid. Setelah semua sudah selesai, baru kita melaporkan kepada DPRD dan kita melakukan pembahasan bersama mereka,” tutup walikota. (Sam)

Pos terkait