DPMD Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

  • Whatsapp

LABUHA –Haliyora.Com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan desa dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), Kamis (27/2) bertempat di gedung Serbaguna Desa Labuha, Bacan.

Bimtek yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Halsel Helmi Surya Botutihe, dihadiri Kepala DPMD Bustami Soleman, para Kepala Bidang, Kepala Seksi dan juga Staf serta Peserta Bimtek dari Kades se-Halsel.

Bacaan Lainnya

Sebagai Pemateri dalam Bimtek tersebut, Kepala DPMD Bustami Soleman, Kabid Pengembangan Kawasan Pedesaan (PKP) Sagaf Kasuba dan Kasi Intel Kejari Halsel Ridwan.
Bimtek ini bertujuan agar Kepala Pemerintah desa (Pemdes) di Halsel lebih memamahami dengan baik bagaimana mengoperasikan Aplikasi Siskeudes. Sebab Laporan pertanggung jawaban kegiatan tiap tahapan pencairan anggaran Dana Desa harus lewat Aplikasi Siskeudes.
“Lewat Aplikasi Siskeudes kades bisa lebih proaktif dalam menjalankan kewajiban dan tanggung jawab, baik secara administrasi maupun transparansi terhadap masyarakat di desa,” ucap Kepala DPMD Bustami Soleman saat menyampaikan materi Bimtek.

Kaitannya dengan mekanisme pencairan yang langsung ke rekening desa, Bustami berharap agar tidak terlambat lagi dalam memasukan syarat-syarat pencairan Dana Desa (DD). Hal yang dikhawatirkan akan merugikan Desa bersangkutan.

“Pihak KPN yang mengontrol langsung, jadi KPN lihat dalam postingan Siskeudes kalau desa yang bersangkutan belum memosting Syarat-syarat Pencairan maka anggarannya tidak bisa cair,” jelas Bustami.

Bustami berharap dengan adanya Siskeudes, Pemdes lebih tertib administrasi dan lebih transparan soal pengelolaan DD kepada masyarakat desa.
Kegiatan bimtek juga berjalan alot saat sesi tanya jawab dari sejumlah peserta.
Hingga ditutup, Bimtek ini berjalan dengan baik dan lancar.

Sejumlah kades mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan seperti ini.

“ Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita (Pemdes) agar lebih baik lagi dalam administrasi pengelolaan DD,” Aku Suaib, Kades Belang-belang Kecamatan Bacan. (liken)

Pos terkait