Berdayakan UMKM, Dinas Koperasi Dan UMKM Malut Lakukan Pendampingan

  • Whatsapp
Dinas Koperasi Dan UMKM Malut (foto : Andre/Haliyora.com)

Sofifi, Haliyora.com

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Provinsi Maluku Utara merancang program pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM di Maluku Utara.

Bacaan Lainnya

Salah satunya adalah melakukan pendampingan dengan memberikan bimbingan tentang cara-cara berinovasi untuk mengembangkan usaha di tengah pandemi Covid-19.

Itu disampaikan kepala dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara, Wa Zaharia, kepada Haliyora.com, usai gelar acara puncak peringatan HUT Koperasi ke-73, Jum’at (10/07/2020) di Sofifi.

“Saya yakin dengan inovasi kreatif dan produktif, UMKM kita dapat menjadi motor penggerak perekonomian daerah, bangsa dan Negara, terutama dalam masa pandemi ini,” ujarnya yakin.

Cara lain yang dilakukan adalah pihak Dinas Koperasi membeli hasil produk UMKM lokal yang masih beroperasi kemudian diberikan kepada pelaku UMKM yang belum dapat beroperasi karena terdampak Covid agar kembali menjalankan usahanya.

“Jadi nantinya UMKM yang masih beroperasi maupun belum dapat beroperasi sama-sama diberdayakan. Bagi UMKM yang masih berperasi meningkatkan produksinya, semntara UMKM yang usahanya macet lantaran terdampak Covid bisa kembali beraktifitas. Itu tujuan kiata,”tutur Zaharia.

Zaharia menambahkan, pihaknya akan melaksanakan lomba inovasi Koperasi, Lomba Produk UMKM berbahan baku ikan serta Bimtek Kurasi Produk, Pemasaran produk UMKM melalui Grab Food sebagai rangkaian peringatan HUT UMKM ke-5 yang jatuh pada 12 Agustus 2020.

“Selain kegiatan tersebut di atas, ada kegiatan lainnya yaitu Bimtek Kurasi Produk UMKM melalui aplikasi ekspedisi Garuda indonesia “Kirim aja” serta Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber daya Manusia (SDM) Koperasi dan UMKM,” ungkapnya.

Sementara pada puncak acara HUT UMKM ke-5 pada 12 Agustus nanti, sambungnya, akan dirangkai dengan pembagian paket sembako dan masker kepada UMKM terdampak Covid-19 di 10 kabupaten/kota. (Andre)

Pos terkait