Kepala DPMD Halsel : Tahun Ini, Dipastikan Tidak Semua Desa Bisa Cairkan DD Tahap I

  • Whatsapp

LABUHA – HaliYora.Com
Adanya perubahan tatacara pencairan Dana Desa (DD) Tahun 2020, dipastikan ada sejumlah Desa di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang tidak bisa mencairkan DD Tahap Pertama (I) Tahun ini.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halsel Bustami Soleman, saat diwawancarai Haliyora.Com di ruang Kerjanya, Senin (25/2) Kemarin. Bustami mengatakan bahwa perubahan tatacara pencairan dana Desa yang diatur dalam Permenkeu Nomor 205 Tahun 2019 tentang pengelolaan DD Tahun 2020.

Dalam Permenkeu tersebut, DD tidak lagi dicairkan lewat Rekening Pemda ke Rekening Desa, tetapi dari Rekening Negara langsung ke Desa. “Pelaporannya itu dimasukkan Kades ke DPMD dan nanti DPMD yang mengirimnya ke KPN lewat Aplikasi Siskeudes dan Omspam. Jadi kalau tidak masukkan laporan maka anggarannya tidak bisa ditransfer dari rekening Negara ke Rekening Desa,” Tuturnya.

Bacaan Lainnya

Dalam Permenkeu tersebut dijelaskan jika ada Desa yang sampai pada batas waktu, belum mencairkan DD tahap I maka, DD itu tidak bisa lagi dicairkan. Desa tersebut bisa melakukan pencairan DD lagi tapi tahap berikutnya, begitu seterusnya. “Tahap I dari Januari sampai Juni, Tahap II dari Juli Sampai Oktober dan Tahap III dari Oktober sampai Desember,” Jelasnya.

Olehnya itu, kata Bustami, dilihat dari lambatnya Desa dalam menyelesaikan serta memasukkan LPJ sebagai syarat pencairan DD, maka dipastikan ada Desa yang tidak mencairkan DD tahap I tahun ini. Belum lagi banyak desa yang malah lambat dalam menyelesaikan pekerjaan fisiknya setiap tahun belakangan ini.

“saya pastikan itu, ada Desa yang tidak mencairkan DD Tahap I tahun ini,” kata Bustami mengulang-ngulang kalimat tersebut.

Menguatkan pernyataannya, Bustami mengungkapkan sampai akhir bulan Februari baru dua sampai 3 Desa dari 249, yang memasukkan syarat-syarat pencairan DD ke DPMD. Dia berharap dengan adanya tatacara pencairan DD yang baru bisa meningkatkan kinerja dan kedisiplinan Para Kades serta perangkat desa yang ada di Halsel. (liken)

Pos terkait