Genjot Prestasi, Pemkab Haltim Rancang Stadion Mini di Kecamatan

  • Whatsapp

Maba, Haliyora.com

Potensi olahraga yang dimilikinya generasi muda di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) bisa dikatakan berkembang dan tumbuh sejak dini. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir ini prestasi olahraga anak-anak negeri Limabot Fayfiye mulai berbicara banyak baik di level daerah (Maluku Utara) maupun di tingkat nasional, salah satunya sepakbola usia remaja.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tengah merancang pembangunan stadion-stadion mini di kecamatan untuk terus meransang dan menggenjot prestasi olahraga anak mudanya khususnya cabang sepakbola sebagaimana harapan Bupati Haltim, Ir Muh Din.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Haltim, Ricky Chairul Richfat ST MT, Senin (21/01/2019) siang. Bahkan, kata Ricky, Pemkab Haltim saat ini telah mengusulkan pembangunan stadion mini di empat Kecamatan yakni Kecamatan Maba, Wasile, Maba Tengah dan Wasile Timur.

[artikel number=5, tag=”haltim,bp4d,pemerintahan” ]

“Kami sudah mengusulkan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), telah mendapat persetujuan pembangunan stadion mini di dua Kecamatan yakni Maba dan Wasile. Anggarannya sebesar Rp 1,5 miliar per stadion untuk pembangunan klining lapangan dan tribun mini,” ungkap Ricky.

Meski usulan pembangunan stadion mini di empat kecamatan lain tidak memenuhi ekspetasi, sudah ada jalan keluarmya. “Pemkab akan mengalokasikan dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD) tahun 2019 untuk pembangunan satu atau dua stadion mini. Namun difokuskan ke kecamatan yang terdekat, yakni Maba dan Wasile atau Wasile Timur,” ujarnya.

Ricky menambahkan, kesiapan untuk lokasi pembangunan stadion mini dari Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup diantaranya berlokasi di Maba, Wasile, Maba Tengah dan Wasile Timur. “Itu baru difokuskan di empat kecamatan. Ditargetkan pada 2021 setelah masa jabatan Bupati berakhir, 10 kecamatan sudah ada stadion mini,” pungkasnya. (elz)

Pos terkait