PLN Masuk Nominasi Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

- Editor

Rabu, 19 Juni 2024 - 13:04 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, capaian ini adalah buah dari transformasi bisnis berbasis digital secara end to end mulai dari pembangkit, transmisi, distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan dan pembayaran, hingga sistem layanan pelanggan

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, capaian ini adalah buah dari transformasi bisnis berbasis digital secara end to end mulai dari pembangkit, transmisi, distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan dan pembayaran, hingga sistem layanan pelanggan

Jakarta, 19 Juni 2024 – Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.

Kinerja bisnis yang positif dan pertumbuhan kinerja keuangan secara tahunan dibawah kepemimpinan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo membawa perseroan menempati peringkat 6 mengalahkan sejumlah perusahaan multinasional dari berbagai negara di kawasan Asia Tenggara. 

Darmawan mengungkapkan, capaian ini menjadi tonggak sejarah bagi PLN yang telah konsisten melakukan transformasi bisnis berbasis digital secara end to end selama 3,5 tahun terakhir. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kami digitalkan seluruh proses bisnis kami mulai dari pembangkit, transmisi dan distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan dan pembayaran, hingga sistem layanan pelanggan kami, sehingga saat ini PLN menjadi makin lincah, kokoh, dan trengginas,” ujar Darmawan. 

Darmawan melihat capaian ini didapat atas kerja keras seluruh insan PLN yang berdedikasi penuh untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia. 

“Ini merupakan capaian dari seluruh insan PLN yang sudah bersama-sama bekerja keras. Saya mengucapkan terima kasih dan mendedikasikan capaian ini kepada seluruh insan PLN yang telah memberikan maximum effort sehingga dapat mengubah proses bisnis dari yang serba manual menjadi terdigitalisasi dan pada akhirnya membuat PLN bisa mencapai titik ini untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan,” tutur Darmawan. 

BACA JUGA  Akademisi : Pendidikan Jadi Lahan Bisnis, Tunggu Kehancuran 

Tercatat, PLN meraih pendapatan sebesar USD32,01 miliar dengan raihan laba PLN menjadi USD1,44 miliar. PLN juga mencatatkan aset sebesar USD108,51 miliar dengan total serapan tenaga kerja mencapai 51.245 orang. 

“Raihan positif ini tentu sejalan dengan visi PLN menjadi Top 500 Global Company. PLN berkomitmen penuh terus mendorong transformasi bisnis yang sejalan dengan mandat pemerintah untuk menghadirkan energi listrik yang andal dan hijau,” ungkap Darmawan. 

Pemimpin Redaksi Fortune Asia, Clay Chandler mengatakan, fokus Fortune pada kawasan ini muncul karena Asia Tenggara semakin penting dalam ekonomi global. Hal ini diklaim berkat pergeseran rantai pasokan dan perkembangan pesat ekonomi kawasan tersebut.

“Fortune Southeast Asia 500 (500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara Fortune) mencerminkan kawasan yang dinamis dan cepat berubah, kawasan yang ekonomi intinya tumbuh jauh lebih cepat daripada Eropa atau Amerika Serikat. Ini sebagian karena Asia Tenggara mengambil peran yang jauh lebih penting dalam ekonomi global, tidak terkecuali karena sejumlah perusahaan multinasional Global 500 telah mengalihkan lebih banyak rantai pasokan mereka ke negara-negara Asia Tenggara,” kata Clay Chandler.

BACA JUGA  Jaga Keandalan Listrik selama Ramadan dan Idul Fitri, PLN Siagakan 2.300 Posko Kelistrikan dan 82.690 Personel

Fortune Southeast Asia 500 2024 mencatat, Indonesia mendominasi dengan 110 perusahaan, disusul Thailand dengan 107 perusahaan. Malaysia, dengan 89 perusahaan dalam daftar tersebut, mengungguli Singapura dengan 84 perusahaan. Sementara itu Vietnam dengan 70 perusahaan, Filipina dengan 38 perusahaan, dan Kamboja dengan dua perusahaan.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN

PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

Berita Terkait

PLN UIW MMU Hadirkan Kampus Yantek di Masohi dan Tual Guna Tingkatkan Skil dan Kompetensi Petugas
Ternate Bersiap Menuju Kota Inklusi
Dinkes Ternate Gelar Rakor Evaluasi Pelaksanaan Deteksi, Preventif dan Respon Penyakit 
7 Daerah jadi Lokasi Kubermas Mahasiswa Unkhair Ternate, Jainul Yusup : Program yang Menyentuh Langsung Masyarakat
Bupati Haltim Turut Berduka Cita atas Meninggalnya Staf Ahli Ibrahim Senen
YBM PLN UIW MMU Gelar Khitan Massal Bagi 188 Anak di Ambon
PLN UIW MMU Resmikan Stasiun Pengisihan Daya EV Pertama di Mall Indonesia Timur
Disperindag Malut Segera Hibahkan Bangunan Pasar ke Halut dan Halbar
Berita ini 20 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:50 WIT

Polres Halteng Bantah Lamban Tangani Kasus Pencurian di Toko Sriwijaya

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:28 WIT

Partai Demokrat Resmi Usung Dua Petahana di Maluku Utara

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:08 WIT

PAN Resmi Usung Muttiara-Salim di Pilkada Halteng

Sabtu, 20 Juli 2024 - 18:20 WIT

Terbitkan 2 Rekomendasi Cakada di Malut, PDIP Optimis Ketua DPD Menang Pilkada

Sabtu, 20 Juli 2024 - 16:48 WIT

Hari Pertama Bertugas di Halut, Ini Kata Kapolres AKBP Faidil Zikri

Sabtu, 20 Juli 2024 - 14:32 WIT

Grebek Pesta Sabu di Ternate, Polisi Amankan Seorang Pemuda, Satu Lolos

Jumat, 19 Juli 2024 - 21:13 WIT

Siap-siap, KPK ke Morotai Maluku Utara, Agenda Apa?

Jumat, 19 Juli 2024 - 19:02 WIT

Akui Rumit, Audit Proyek LPT Dikbud Maluku Utara Kembali Diperpanjang

Berita Terbaru

Penyerahan rekomendasi B1-KWK ke bakal paslon Tauhid-Nasri untuk Pilwako Ternate dan ke James-Djufri ke Pilbup Halbar pada Pilkada November 2024. Rekomendasi diserahkan langsung Ketua Umum partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di kantor DPP, Jakarta, Sabtu (20/7/2024).

Headline

Partai Demokrat Resmi Usung Dua Petahana di Maluku Utara

Sabtu, 20 Jul 2024 - 20:28 WIT

Rekomendasi B1-KWK PAN ke pasangan Muttiara T Yasin-Salim Kamaludin

Headline

PAN Resmi Usung Muttiara-Salim di Pilkada Halteng

Sabtu, 20 Jul 2024 - 20:08 WIT

error: Konten diproteksi !!