Terbanyak dari Golongan Rumah Tangga, Ini Kunci Suksesnya Membaiknya Kinerja PLN Tahun 2023

- Editor

Senin, 3 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi petugas PLN sedang melayani pelanggan tarif rumah tangga.

Ilustrasi petugas PLN sedang melayani pelanggan tarif rumah tangga.

Jakarta, 3 Juni 2024- PT PLN (Persero) sukses mencatatkan penambahan pelanggan sebanyak 3,5 juta menjadi total 89,15 juta pelanggan di tahun 2023. Keberhasilan ini pun turut mengantarkan PLN meraih keuntungan terbesar dalam sejarah perseroan dengan laba bersih sebesar Rp22,07 triliun pada tahun 2023, sekaligus mencetak hattrick rekor laba bersih tertinggi selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, PLN secara konsisten melakukan transformasi dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan. PLN tidak hanya berfokus pada peningkatan supply listrik tetapi juga berorientasi pada kepuasan pelanggan. 

“Kami melakukan transformasi digital secara end-to-end dalam layanan pelanggan, sehingga membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan akses listrik. Jika dahulu kami hanya berorientasi pada supply listrik, sekarang orientasi kami untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan,” ujar Darmawan.

Darmawan merinci pertumbuhan jumlah pelanggan disumbang paling besar dari tarif rumah tangga sebanyak 3.223.603, kemudian disusul tarif bisnis sebanyak 181.533 pelanggan. Sementara itu penambahan pelanggan tarif sosial sebanyak 72.311 pelanggan, tarif pemerintahan 28.393 pelanggan, dan tarif industri 27.217 pelanggan.

“Sehingga total pelanggan PLN sampai dengan 2023 sebesar 89.153.278 dengan rincian pelanggan rumah tangga sebanyak 81.551.325 pelanggan atau 91,47 persen dari total pelanggan, kemudian diikuti pelanggan tarif bisnis sebesar 4.706.947 pelanggan atau sebesar 5,28 persen dan pelanggan tarif sosial sebesar 1.993.101 atau sebesar 2,24 persen dari total keseluruhan pelanggan,” imbuh Darmawan.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Instruksikan Penggunaan Kendaraan Listrik untuk Dinas, PLN Siapkan Sistem Hingga Diskon Besar

Sementara itu total pelanggan golongan tarif pemerintahan sebanyak 595.941 atau sebesar 0,67 persen dari jumlah pelanggan dan tarif industri sebesar 206.770 atau sebesar 0,23 persen dari total pelanggan.

Darmawan mengatakan peningkatan jumlah pelanggan di tahun 2023 ditopang oleh kecepatan penyelesaian daftar tunggu pelanggan di mana pengendalian material distribusi utama (MDU) dan kecepatan eksekusi penyambungan menjadi kunci utamanya. Dengan upaya ini, penyambungan pelanggan di tahun 2023 dapat terealisasi sebesar 3,5 juta sambungan pelanggan.

Berita Terkait

Berikut Jadwal Kapal PELNI Ternate-Bitung dan Panduan Cara Membeli Tiket
Buka Akses Pasar Nelayan Sula, CV Mitra Pangan Bahari Diapresiasi Anggota DPRD Malut
Tuntas, 440 Pengurus Koperasi Merah Putih Terbentuk di Pulau Morotai
Buah Tangan Rusli, Nelayan Pesisir Galela Menjaga Asa
PLN UP3 Ambon Resmikan Perubahan Daya di Laboratorium Kesehatan Provinsi Maluku
PLN Teken Kerjasama Pemanfaatan Gas Domestik dengan Perusahaan Migas Baik Nasional dan Internasional : Disaksikan Langsung Presiden Prabowo
Kunjungi Hotel The Natsepa dan PPI Saumlaki Adalah Bukti PLN Perkuat Sinergitas dengan Pelanggan Potensial
Bupati Rusli Sibua Pantau Langsung Pembentukan Koperasi Merah Putih di Morotai
Berita ini 58 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 24 Mei 2025 - 20:08 WIT

Berikut Jadwal Kapal PELNI Ternate-Bitung dan Panduan Cara Membeli Tiket

Jumat, 23 Mei 2025 - 19:38 WIT

Buka Akses Pasar Nelayan Sula, CV Mitra Pangan Bahari Diapresiasi Anggota DPRD Malut

Jumat, 23 Mei 2025 - 18:23 WIT

Tuntas, 440 Pengurus Koperasi Merah Putih Terbentuk di Pulau Morotai

Jumat, 23 Mei 2025 - 12:07 WIT

Buah Tangan Rusli, Nelayan Pesisir Galela Menjaga Asa

Kamis, 22 Mei 2025 - 19:25 WIT

PLN UP3 Ambon Resmikan Perubahan Daya di Laboratorium Kesehatan Provinsi Maluku

Berita Terbaru

error: Konten diproteksi !!