Target PAD Hanya Rp 3 M, Akademisi Sebut Kinerja Pemda Taliabu Rendah

  • Whatsapp
akademisi Universitas Khairun Ternate Dr. Muammil Sunan, SE., M.P.M. AP

Bobong, Maluku Utara- Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu menargetkan PAD Tahun 2021 sebesar Rp 3,209 miliar. Target ini dinilai sangat sedikit oleh akademisi Universitas Khairun Ternate Dr. Muammil Sunan, SE., M.P.M. AP.

Dosen Fakultas Ekonomi itu menyebut taget PAD rendah tersebut menunjukkan kinerja Pemda juga rendah.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, PAD merupakan indikator kinerja pemerintah daerah dalam manajemen pelayanan publik. Besaran PAD merupakan gambaran pendapatan yang diraih Pemda. ”Makanya kalau target PAD-nya kecil, itu menandakan manajemen Pemda Taliabu masih rendah,” ujar Muammil kepada Haliyora, Senin (27/09/2021) via WhatsApp.

Tidak hanya itu, Muammil juga mengkritisi Pemda Taliabu yang mengunakan APBD untuk belanja sejumlah kendaraan dinas yang nilainya mencapai milyaran rupiah, seperti Mobil Toyota Alphard dan Speed Boot.

“Kabupaten Taliabu ini kan sebagai daerah yang terkebelakang di Provinsi Maluku Utara, harusnya Pemda lebih fokus dalam pembangunan. Harus pintar mengelola keuangannya dalam membiayai kegiatan pembangunan daerah. Bukan dengan belanja kendaraan dinas yang tidak pantas dalam kacamata pelayanan publik. Kondisi Taliabu yang infrastrukturnya masih sangat minim seperti itu, sangat tidak layak kalau pejabat daerah menggunakan anggaran daerah untuk membeli kenderaan dinas harganya miliaran,” tandasnya.

Muammil menyarankan, Pemda Taliabu harus ebih fokus mendorong peningkatan PAD. “Yakni dengan mengoptimalkan (ekstensifikasi dan intensifikasi) Pajak, retribusi, dan penerimaan lainnya yang sah,” tutupnya. (Ham-1)

Pos terkait