Terkendala Anggaran, Sampah Busuk Kembali Menumpuk di Kota Bobong

Bobong, Haliyora

Lagi-lagi bau busuk sampah menyebar di Kota Bobong, ibukota kabupaten Pulau Taliabu.

Bacaan Lainnya

Itu akibat tumpukan sampah pada sejumlah titik dibiarkan berhari-hari hingga membusuk, termasuk di taman kota yang pernah dibersihkan atas insisiatif mantan Pj. Bupati Pulau Taliabu, Maddaremmeng.

Pantauan Haliyora, pada  Minggu (28/03/2021), terlihat sampah menumpuk dan berserakan di hampir semua titik penampungan. Sampah-sampah itu sebaian sudah membusuk sehingga menebar aroma tak sedap.

Anwar (warga desa Bobong) kepada Haliyora mengatakan, tumpukan sampah-sampah itu sudah berhari-hari dibiarkan menimbun hingga menebar bau busuk. Petugas kebersihan tidak mengangkut dan membuangnya

“Ini bukan baru pertama kali, tapi sudah sering petugas membiarkan sampah menumpuk berhari-hari hingga busuk dan baunya menyebar ke mana-mana. Ini sangat menggangu, bukan hanya kepada warga di sekitar sini, tapi semua orang lewat pasti terganggu penciumannya,” ungkap Anwar kepada Haliyora, Minggu (28/03/2021).

Anwar berharap pihak dinas kebersihan agar segera mengangkut sampah-sampah yang menumpuk dan berserakan di semua tempat sampah. “Ini lama-lama menimbulkan penyakit, makanya atas nama warga Bobong saya minta dinas terkait unutk segera mengangkut sampah-sampah tersebut,” harap Anwar.

Terpisah, koordinator petugas kebersihan Kabupaten Pulau Taliabu, Mus Fataruba saat dikonfirmasi Haliyora via telpon, Minggu (28/03), mengatakan bahwa keterlambatan pengangkutan sampah itu bukan karena disengaja oleh petugas kebersihan, akan tepai terkendala anggaran operasional kenderaan.

“Tidak ada anggaran operasional par bali minyak (BBM), makanya belum bisa katong angkut sampah itu, mungkin hari Senin besok ini baru diangkat. Itu sesuai hasil kordinasi dengan dinas seperti itu,” jelas Mus. (Ham-1)

Pos terkait