PT. Antam Salurkan Rp 500 Juta untuk Nelayan Haltim

Ilustrasi

Maba, Haliyora

PT. Antam tahun ini berencana mengalokasikan anggaran khusus sebesar Rp 500 juta rupiah untuk nelayan Halmahera Timur. Anggaran tersebut diperuntukkan kegiatan konversi nelayan tangkap ikan teri ke pelagis besar yang tersebar di teluk Maba.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampikan presiden CSR PT. ANTAM, Koko Susetyo saat diwawancarai, Rabu (10/03/2021).

Kepada wartawan, Koko mengatakan kegiatan tersebut merupakan kepedulian PT. Antam terhadap nelayan ikan teri yang mengalami penurunan hasil tangkapannya dari tahun ke tahun akibat eksploitasi yang dilakukan PT Antam selama ini.

“Jadi Tahun ini kita anggarkan Rp 500 juta untuk pengadaan alat tangkap ikan pelagis,” katanya.

Dijelaskan, program tersebut merupakan kerjasama kemitraan dengan pemerintah daerah melalui dinas perikanan Haltim.

Selain program-program tersebut, pihaknya juga berkomitmen untuk mensinergikan program lain untuk kesejahteraan masyarakat. ” Program ini juga akan terus kita gulirkan pada tahun-tahun mendatang,” imbuhnya.

Program konversi nelayan tersebut difokuskan kepada nelayan di dua kecamatan pada lingkar tambang yakni Kecamatan Kota Maba dan dan Kecamatan Maba, bahkan PT. Antam sudah bentuk beberapa kelompok binaan di Kecamatan Maba. “Dua kecamatan ini paling terdampak kegiatan penambangan,” terangnya.

Ia berharap bantuan khusus tersebut dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat terutama wilayah lingkar tambang.

Kata Koko, meski fokus di dua kecamatan tersebut, namun pihaknya juga tidak mengabaikan nelayan di kecamatan lain seperti desa Saramaake dan lain-lain. “kami pastikan tidak mengabaikan nelayan lainnya seperti di Desa Saramaake dan lain-lain,” pungkasnya. (RH-1)

Pos terkait