Gamalama Plaza Mulai Dilirik Pihak Swasta

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Pembangunan gedung gamala Plaza sudah hampir rampung. Proyek multiyear itu ditargetkan selesai tahun ini.

Bacaan Lainnya

“Sekarang tinggal finishing,”kata Walikota Ternate Burhan Abdulrahman menjelaskan progres pekerjaan bangunan Gamalama plaza, Sabtu (8/8/2020) di kantor walikota.

Kata Burhan, Gamalama Plaza disiapkan untuk menjadi plaza modern di Maluku Utara. Yang dipikirkan sekarang, kata Burhan adalah menejmen pengelolaannya.

“Sekarang kita pikirkan menejmen pengelolaannya. Sebab Gamalama Plaza beda dengan pasar-pasar biasa, dibutuhkan kajian dan mencari orang yang betul-betul paham tentang menejemen.,”ungkapnya.

Pada saat dilounching, sambung Burhan, tempat-tempat jualan sudah harus siap, konter-konternya juga sudah harus siap.

Terkait menejemen pengelolaan, Burhan mengaku mendapat masukan dari Dinas PUPR Kota Ternate. Mereka menyarankan agar pengelolaan diserahkan kepada pihak swasta.

“Sistemnya itu yang saya dengar dari Dinas PUPR kita serahkan saja kepada pengusaha yang berminat, nanti mereka yang atur menejemenya sendiri sesuai kebutuhan mereka,”jelasnya.

Burhan mengaku sudah ada beberapa pengusaha berminat untuk mengelola pasar moderen itu.

“diantaranya Matahari, Ramayana, dan Transmart,”ungkap Burhan.

Menejmen Matahari sendiri, kata Burhan sudah dikakukan negosisasi, hanya saja kemungkinan batal, lantara luas gedung yang mereka inginkan adalah 3000 m per segi, sementara luas gedung Gamalam Plaza hanya 2000 m per segi

“Sekarang tinggal Ramayana dan Transmart lagi dalam proses negosiasi,” ujarnya.

Walikota berharap keberadaan Gamalam Plaza ini memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat Kota Ternate dan menyerap tenaga kerja di daerah ini.

“Pastinya kita berharap agar Gamalama Plaza ini memberi dampak ekonomi terhadap masyarakat dan menyerap tenaga kerja di Kota Ternate,”imbuh walikota. (Sam)

Pos terkait