Luapan Sungai Akegula Genangi Tiga Desa di Obi

  • Whatsapp
Luapan Sungai Akegula Genangi Tiga Desa di Obi

Halsel, Haliyora.com

Curah hujan selama satu minggu mengakibatkan luapan sungai Akegula menggenangi pemukiman di tiga Desa yang berada di Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Bacaan Lainnya

Kepala Desa (Kades) Baru Kecamatan Obi Munir Hi Halek ketika dihubungi Haliyora.com via WhatsApp, Sabtu (27/06) Pukul 10.00. Wit, menyampaikan bahwa akibat curah hujan dalam satu minggu ini pemukiman warga di desa baru dan dua desa tetangga terendam. Luapan air sungai akegula terjadi pada pukul 02.00 Wit langsung menggenangi pemukiman di tiga desa.

“Saat ini, pemukiman kena dampak air sungai Akegula hingga isi rumah warga di tiga desa tergang air dan sampai saat ini air belum surut,”akunya.

Kata Munir, meski genangan air tak kunjung surut, warga berupaya mengeluarkan air dari dalam rumah masing-masing dengan peralatan seadanya. Warga terlihat trauma dengan kejadian banjir bandang di Tahun 2016 lalu. Warga menjadi takut karena sampai siang ini genangan air belum beranjak surut , sementara cuaca di Obi masih ditutupi awan hitam tebal yang menyebabkan luapan air akan bertambah jika curah hujan terus -menerus mengguyur hingga besok.

Untuk itu, Munir berharap Pemda dalam hal ini BPBD harus hadir untuk memberikan pertolongan intensif. Minimal Pemda segera membangun talud di Sungai Akegula dan sungai-sungai lainnya untuk menangkal luapan air saat musim hujan.

Akibat Banjir Rumah Warga Terendam di Kecematan Obi, Halsel

“Mewakili Pimpinan Desa Akegale dan Laiwui, Munir selaku Kepala Desa Baru berharap kepada Pemda Halsel untuk memberikan perhatian khusus pembuatan talud penangkal banjir di sungai Akegula, agar dapat menangani dengan baik sungai Akegale jika meluap” Pinta Munir.

Sementara itu Kepala BPBD Halsel Daud Djubedi ketika dikonfirmasi wartawan media ini mengatakan bahwa, pihaknya telah membentuk tim dan telah bergerak cepat melakukan pendataan desa-desa yang terdampak banjir akibat guyuran hujan satu minggu terakhir ini. Selain itu, BPBD langsung menyalurkan bantuan sembako kepada Warga yang terdampak sebagai langkah cepat penanganan awal.

“Desa di Halsel yang saat ini teridentifikasi banjir yaitu Desa Wosi, Bibinoi, Tomara, Songa, Wayaua, Laiwui, Akegula dan Desa Kampung Baru, ungkapnya. Hasil identifikasi ini akan segera dilakukan konsolidasi, biar tim BPBD melakukan penanganan secara langsung,”tutur Daud.

Hingga pukul 13.20. Wit, belum ada informasi resmi yang dikeluarkan Pemda lewat BPBD yang memuat besaran kerugian yang dialami warga akibat banjir yang menimpa sejumlah desa di Halsel. (Asbar)

Pos terkait