1.064 CJH asal Malut Gagal Berangkat, ini Penjelasan Kanwil Kemenag

  • Whatsapp
Ketua Nahdatul Ulama Provinsi Maluku Utara, Sarbin Sehe

Ternate, Haliyora.com

Calon Jemaah haji Indonesia dipastikan tidak diberangkatkan ke tanah suci menunaikan ibadah haji tahun ini.

Bacaan Lainnya

Peniadaan keberakatan calon jemaah haji Indonesia ke tanah suci resmi disampaikan Menteri Agama RI, Fachrul Razi melalui keputusan Mentri Agama nomor 494 Tahun 2020.

Pembatalan tersebut terkait pandemic Covid-19 melanda dunia, termasuk Kota Mekkah dan Madinah, Arab Saudi.

Pemerintah Indonesia sebelumnya menunggu keputusan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan rukun Islam yang ke lima itu. Namun hingga keluarnya keputusaan Menteri Agama ini belum ada sikap resmi peniadaan ibadah haji dari otoritas Pemerintah Arab Saudi.

Sebelumnya pemerintahan Raja Salman telah melakukan karantina wilayah di Kota Mekkah. Akses ummat masuk ummat Islam seluruh dunia ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah untuk melaksanakan umrah ditutup demi memutus penyebaran Covid-19.

Menyikapi Keputusan Menag tersebut, Kepala Wilayah Kementrian Agama Provinsi Maluku Utara, Sarbin Sehe menghimbau kepada seluruh Calon Jemaah Haji Maluku Utara untuk menerima keputusan tersebut dengan sabar.

“Saya meminta kepada seluruh calon jemaah haji Kabupaten/Kota se-Maluku Utara tahun 1441 H/ 2020 M, untuk menerima Keputusan Pemerintah dengan lapang dada dan mengembalikan sepenuhya kepada Allah Sang Maha Penentu segalanya,”imbuh Sarbin, Selasa (02/06/2020).

Menurut Sarbin, pandemic Covid-19 yang menimpa dunia saat ini adalah ketetapan Allah yang berimbas kepada tertundanya pemberangkatan ibadah haji tahun ini.

Sarbin menjelaskan jumlah kuota Calon Jemaah Haji Maluku Utara tahun 2020 yang sudah melunasi pembayaran ONH sebanyak 1064 orang.

Ia menambahkan, meski belum jadi diberangkatkan tahun ini, semua Calon Jemaah Haji tidak ada yang dirugikan. Sarbin memastikan tahun depan, jika kondisi sudah normal maka kuota yang ada saat ini tetap diberangkatkan.

“Mereka pasti kecewa atas keputusan Pemerintah, apalagi semua proses telah diaksanakan sesuai tahapannya, tapi sebagai orang yang beriman, tentu segala yang menimpa kita semuanya berdasar kepada ketetapan Allah SWT. Olehnya sekali lagi saya minta agar tetap bersabar dan berdoa,” imbuhnya. (Jae)

Pos terkait