Pemdes Laromabati Kecamatan Kayoa Utara Salurkan BLT ke 75 KK, Kades : Jangan Percaya Info Hoax

  • Whatsapp
Pemdes Laromabati Membagikan BLT kepada Warga (foto : Haliyora.com)

Halsel, Haliyora.com

Dari total 163 Kepala Keluarga (KK) yang tercatat di Desa Laromabati, Kecamatan Kayoa Utara Kabupaten Halmahera Selatan, Pemerintah Desa akhirnya mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 75 Kepala Keluarga (KK) yang dianggap layak sebagai penerima pada Senin (11/5).

Bacaan Lainnya

Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp.600.000,- untuk setiap KK itu berlaku selama 3 bulan, yakni April, Mei dan Juni yang dicaplok dari 25-30% Dana Desa untuk menanggulangi dampak Covid-19 yang belum mereda hingga kini.

Total dana yang akan disalurkan sebesar Rp. 136.200.000,- namun tahap awal didistribusikan utk bulan April dan nantinya untuk bulan Mei dan Juni.

Sebagaimana ketentuan, sebelum diputuskan jumlah KK penerima BLT, Tim Gusus Tugas Covid -19 Tingkat Desa melakukan pendataan warga yg dapat dikategorikan berhak menerima. Nama-nama Kepala Keluarga yang telah terdata kemudian dipublis ke masyarakat untuk memperoleh persetujuan melalui Rapat Pemerintah Desa, BPD dan Para tokoh masyarakat. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Laromabati, M. Irham Saban.

“Prinsipnya hasil pendataan didasarkan ketentuan yang berlaku,” ungkap Kades kepada Haliyora.com Selasa (12/5) via telepon.

Ia juga membantah informasi yang beredar melalui media sebelumnya yang menginformasikan penerima BLT di Laromabati sebanyak 11 orang. “Itu fitnah alias hoax,” tegas Kepala Desa.

Sementara Rahayu, salah seorang warga Laromabati penerima BLT menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah disalurkan. “terima kasih pemerintah so bantu torang,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan program penanggulangan dampak covid-19 yang berlaku secara nasional oleh Pemerintah. (Red)

Pos terkait