Ramadhan, Kemenag Anjurkan Ibadah Tetap di Rumah

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Ramadhan sudah hampir tiba. Namun umat Islam diperkirakan akan menjalani ibadah puasa dalam suasana berbeda, seiring adanya pandemi Covid-19 yang kian mewabah.

Bacaan Lainnya

Hal senada diungkapkan H. M. Zulkiram M. Charrudin, S.Ag. M.Si, Kasubang Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Ternate. Sebagaimana panduan yang tertuang dalam Surat Edaran No 6 tahun 2020, Umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan baik berdasarkan ketentuan fiqih ibadah Sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu dan tidak harus berkumpul (buka puasa bersama).

Begitu pula Salat Tarawih, Tilawah atau Tadarus Alquran dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga di rumah.

“Tentunya kita sebagai instansi vertikal harus laksanakan Surat edaran tersebut, akan tetapi ini tidak mudah dan harus kita sosalisasikan langsung kepada masyarakat,” ujar Zulkiram.

Anjuran ini, kata Zulkiram, perlu disampaikan kepada masyarakat bahwa meski wabah covid yang terus meningkat, ibadah juga kita tetap laksanakan dengan terus menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan untuk menghindari Covid-19.

” Harapan saya, agar di Kota Ternate kita bisa melaksakan sholat berjamah seperti halnya aktivitas Ramadan kemarin, asalkan kita selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri kita.” pungkasnya. (Alvian)

Pos terkait