Kanwil Kemenag Malut : Belum Ada Pemberitahuan Penundaan, Calon Jama’ah Haji Tetap Persiapkan Diri

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com,-Calon Jama’ah Haji Indonesia harap-harap cemas menanti pelaksanaan ibadah haji, menyusul mewabahnya Covid-19. Pasalnya, Mekah dan Madinah, Arab Saudi juga tak luput dari penyebaran virus dari Cina itu. Mungkinkah ibadah haji tahun ini dibatalkan ? Inilah mungkin tanda Tanya besar di benak calon jama’ah haji Indonesia.

Meski demikian, sejauh ini belum ada keputusan resmi dari pemerintah Saudi maupun pemerintah Indonesia untuk membatalkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Maluku Utara, Hi. Sarbin Sehe mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima informasi khusus dari Direktorat Jendral penyelenggaraan Haji dan umrah (Dirjen PHU) tentang pembatalan keberangkatan calon jama’ah ke tanah suci terkait wabah Covid-19. ini disampaikan Sarbin saat dihubungi Haliyora.com via telepon, Jum’at (27/03)

“kita belum terima informasi secara khusus dari pemerintah pusat, dalam hal ini Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) terkait pembatalan keberangkatan Calon jamaah Haji. Jadi atau tidak itu merupakan kewenangan sepenuhnya pemerintah pusat dengan pemerintah Arab Saudi. Kita di daerah hanya menyesuaikan,” jelasnya.

Karena belum terima informasi secara khusus dari Dirjen PHU tentang pembatalan keberangkatan Calon jamaah Haji, maka pihaknya menghimbau kepada Calon jama’ah Haji untuk tetap mempersiapkan diri sambil berdoa agar Covid-19 cepat berlalu sehingga tidak mengganggu penyelenggaraan Haji tahun ini.

“Kita berharap Calon Jamaah Haji tetap mempersiapkan diri, berdoa agar Covid-19 ini cepat berlalu sehingga tidak mengganggu penyelenggaraan Haji”, imbuhnya

Sarbin menambahkan, kuota Haji Maluku Utara tahun 2020 dikembalikan pada kuota 2018 yakni sebanyak 1.080 orang tapi di kurangi empat orang menjadi 1.076 orang. Dari 1.076 orang calon Jama’ah haji tersebut sudah termasuk 7 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), sebaran dari sepuluh kabupaten kota.

Dikatakan, keberangkatan calon jama’ah Haji Maluku Utara di jadwalkan pada pertengahan bulan Juni, dibagi dalam tiga kloter, dua kloter masing-masing sebanyak 450 dan sisanya di kolter ke tiga. (Andre)

Pos terkait