Bandara Emalao Sanana Kembali Dibuka Besok

  • Whatsapp

Sanana, Haliyora

Kepala Bandara Emalamo Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Syaiful Siregar menyampaikan Sabtu besok, (05/06/2021), mulai melayani penerbangan lagi setelah sebelumnya ditutup karena ada masalah.

Bacaan Lainnya

“Besok bandara Emalamo Sanana mulai melayani penerbangan pesawat Carter yang dipakai oleh Bupati Fifian Ade Ningsi Mus beserta rombongan dari Ternate. Setelah mengantar rombongan bupati ke Sanana, pesawat itu langsung ke Ambon karena hombasenya di Ambon,” kata Syaiful, Jumat (04/06/2021), tanpa menyebut nama maskapai penerbangan yang dicarter bupati.

Meski tanpa menyebut nama maskapai, Syaiful berharap Pemda Kabupaten Kepulauan Sula secepatnya bernegosiasi dengan manajemen maskapai untuk segera beroperasi di bandara Emalamo.

“Kami harap pemda secepatnya bernegosiasi dengan pihak maskapai untuk beroperasi di Sanana,” imbuh Syaiful

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Sula, Ibrahim Tidore mengatakan Pemda Sula sudah melakukan komunikasi dengan beberapa  maskapai  tapi belum ada jawaban.

“Kami sudah kontak dan berkomunikasi dengan beberapa maskapai namun belum ada jawaban resmi dari mereka. Jadi sementara ini lagi menunggu respon pihak maskapai tersebut,” ujar Ibrahim.

Dikatakan, sebelumnya ada beberapa maskapai yang beroperasi di Sanana seperti Trigana Air, Ekspres, tetapi dua maskapai itu sudah tidak beroperasi lagi saat ini.

Ibrahim menyebut izin maskapai Trigana Air sudah habis masanya dan sementara mengurus perpanjangan izin, sementara Ekspres Air ada kendala menejemen keuangan sehingga membebani pihak pemda.

“Kalau Ekspres Air itu kendalanya masalah menejemen keuangan yang membebani pemda. Pemda Sula harus membayar shit pesawat saat penerbangan, sedangkan menurut BPK itu tidak bisa karena masalah itu menyangkaut subsidi dari Pemda Sula,” urai Ibrahim.

Ditambahkan, ada salah satu maskapai yang juga dikomunikasikan oleh Pemda yakni Sam Air. “Kami tinggal menunggu respon balik dari pihak menejmen Sam Air,” pungkas Ibrahim Ibrahim. (Sarif-1)

Pos terkait