Wow, Bupati Usman Kaget Dana Operasional Rp 8 Miliar Ludes

  • Whatsapp
Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik

Halsel, Haliyora

Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Usman Sidik terkejut setelah mengetahui anggaran operasional, makan minum dan perjalanan dinas bupati dan wakil bupati pasca dilantik 24 Mei 2021 telah terpakai habis sebesar kurang lebih Rp 8 Miliar.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Bupati Halsel Usman Sidik, saat diwawancarai sejumlah awak media, Selasa (01/6/2021).  

Usman terkejut lantaran merasa dirinya belum menyentuh atau memakai biaya operasional bupati tersebut.

“Saya biayai diri sendiri pasca dilantik, karena sejak dilantik 24 Mei di Sofifi langsung mulai berkantor. Saya tidak kemana-mana. Kok, biaya perjalanan dinas bupati dan wakil bupati sebesar Rp 8 miliar kini tersisa Rp 250.000. Ini aneh,” ujar Usman terkejut.

Usman juga mengaku bahwa pakaian seragam Bupati dan wakil bupati pun  dibiayai masing-masing memakai uang pribadi.

“Padahal mestinya pasca KPU Halsel tetapkan kami terpilih, semua kebutuhan kami sudah harus disiapkan termasuk seragam, tapi nyatanya anggarannya tidak ada, padahal anggarannya cair,” ucapnya kesal.

Untuk itu kata Usman, saat ini ia memerintahkan mengunci keuangan daerah sambil menunggu audit Inspektorat di seluruh SKPD untuk memastikan penggunaan anggaran dan progres keuangan daerah.

“Sementara ini keuangan daerah saya perintahkan dikunci menunggu hasil audit inspektorat di seluruh SKPD untuk memastikan pengunaan anggaran dan progres keuangan daerah,” tutur Usman.

Setelah berkator dan memeriksa keuangan daerah, Usman menemukan kenyataan bahwa selama ini biaya pemeliharaan kantor bupati hanya dianggarkan sebesar Rp 500 juta.

”Pantas, lihat saja kondisi kantor ini (kantor bupati, red), seperti tidak ada yang perhatikan, sehingga banyak fasilitas yang rusak, bahkan ruangannya juga rusak,” ujar Usman semakin kesal. (Asbar-1)

Pos terkait