Ummat Budha di Ternate Rayakan Waisak Disertai Pembagian Sembako

  • Whatsapp
Ummat Agama Budha Merayaan Hari Imlek di Ternate

Ternate, Haliyora

Hari ini, Rabu (26/05)2021), ummat agama Budha seluruh dunia merayakan hari raya Waisak

Bacaan Lainnya

Di Kota Ternate, ummat Budha merayakan  Waisak dengan aman dan khidmat dengan mengikuti protokol kesehatan.

Rangkaian ibadah Tri Suci itu dipusatkan di Vihara Vajra Dharmaratna di Kelurahan Maliaro Puncak, Kecamatan Ternate Tengah dengan tema “Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju”

Dipimpin Pandita Davi, Prosesi ibadah dimulai pukul 14.00-16.00 WIT, diawali  penyalaan lilin oleh Bimas Kanwil Kemenag Malut, Marsam, dilanjutkan puja-pujian dan meditasi.

Diketahui, dalam ibadah Waisak tersebut, ummat Budha merenungi perjalanan hidup Sang Buddha Sidharta Gautama, sejak dari kelahiran mencapai kesempurnaan hingga meninggal.

Kanwil Kemenag Malut, Sarbin Sehe yang turut hadir dalam perayaan Hari Waisak dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak setiap tahun bukan sebatas acara seremonial saja, namun harus dimaknai  sebagai wujud keyakinan Budha.

Kakanwil berharap agar peringatan Tri Suci Waisak dapat menjadi momentum bagi umat Buddha di seluruh tanah air, khususnya di Maluku Utara untuk mengenang kembali sejarah tiga peristiwa penting, yaitu kelahiran Sidharta Gautama, Pertapa Sidharta Gautama hingga mencapai kesempurnaan dan menjadi Buddha dan Buddha Gautama Parinibhana (wafat).

Kesempurnaan yang diraih Budha, sebut Sarbin, yakni mendarma-baktikan hidup bagi kemanusiaan, mendarma-baktikan diri bagi kebahagiaan umat manusia dan kebahagiaan semua makhluk hidup yang harus diteladani oleh seluruh umat Buddha di dunia.

“Keteladanan Buddha, melalui latihan penyempurnaan moralitas, kebijaksanaan serta konsentrasi yang benar, hendaknya dijadikan fondasi mental bagi umat Buddha untuk mewujudkan kerukunan serta kepedulian sosial,” tuturnya.

Lanjut Sarbin, peringatan Tri Suci Waisak juga sebagai salah satu upaya peningkatan keyakinan ummat Buddha kepada Tri Ratna (Buddha), Dhamma dan sangha sehingga tidak mudah terpengaruh terhadap paham-paham keagamaan yang mengancam kehidupan keagamaan di Indonesia.

“Marilah kita wujudkan kehidupan beragama yang lebih moderat dalam bingkai NKRI,” imbuhnya.

Sementara, badan pengrus Vihara Vajra Dharmaratna Ternate, Amin Moses yang juga Humas Vihara didampingi Pandita Davin dalam kesempatan tersebut menyampaikan, momentum perayaan hari raya Waisak di tahun ini juga dirayakan oleh pihaknya dengan membagikan sembako kepada warga kurang mampu. (Alf-1)

Pos terkait