ADD 62 Desa di Haltim Mulai Diproses Pencairan

Kepala BPMD Haltim, Badalan Uat

Maba, Haliyora

Pemerintah Daerah  Halmahera Timur (Haltim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) telah merekomendasikan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk 62 desa.

Bacaan Lainnya

Itu dikatakan Kepala DPMD Haltim, Badalan Uat kepada Haliyora, Selasa (04/05/2021).

Katanya dari 79 desa yang memasukkan data dan mengajukan permintaan pencairan ADD tahap I,  hanya 62 desa yang direkomendasikan untuk diproses.

“Yang mengajukan permintaan pencairan ADD sebanyak 79 desa tetapi sebagian secara administrasi belum lengkap sehingga yang kita berikan pengantar ke keuangan untuk diproses baru 62 desa,” jelas Badalan.

Dikatakan, untuk memaksimalkan proses pencairan, pihaknya telah meminta pemerintah desa yang belum lengkap administrasinya untuk segera melengkapinya. “Kita minta mereka untuk dilengkapi dulu sisanya itu,” kata Badlan.

Disebutkan, kekurangan administrasi yang diajukan kebanyakan berkaitan dengan pelaporan penggunaan ADD tahap sebelumnya sehingga setelah diteliti belum bisa ditindaklanjuti.

“Kebanyakan yang kurang itu adalah pelaporan penggunaan ADD,” jelas Badalan.

Meski begitu, mantan camat Maba Tengah itu menagatakan untuk Pemda tetap permudah siltapnya, dimana Pemdes hanya masukkan laporan realisasi pembayaran bulan sebelumnya untuk proses pencairan.

“Saat ini kita bayar empat bulan sekaligus, yakni  Januari sampai april 2021,”ungkapnya.

Dikatakan, sesuai  SK Bupati, pembayaran ADD dilakukan hanya dua tahap dalam satu tahun, namun untuk siltap pembayarannya perbulan tergantung laporan realisasi dari desa.

“Misalnya satu semester dibayar ful baru dikurangi dengan siltap yang sudah dibayar itu. Hal itu tentu untuk mempermudah gaji aparatur desa, dan saat ini sudah 62 desa yang siltapnya sudah tersalur,” ungkap Badalan. (RH-1)

Pos terkait