Jumat Lusa, KPU Ternate Tetapkan Walikota dan Wakil Walikota Terpilih, Disusul Paripurna DPRD

Ketua KPU Kota Ternate M. Zen (foto: Posko Malut)

Ternate, Haliyora

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate jadwalkan pleno penetapan walikota dan wakil walikota Ternate terpilih pada Jum’at 26 Maret 2021.

Bacaan Lainnya

Itu disampaikan Ketua KPU Kota Ternate, M. Zen A. Karim saat dikonfirmasi, Rabu (24/03/21).

“Kemungkinan hari ini kita sudah menerima salinan putusan dari MK, dan penetapan Walikota dan wakil walikota Ternate direncanakan akan dilakukan pada Jum’at 26 Maret 2021 di Sahid Hotel pukul 22:00,” ungkapnya.

Katanya, pleno penetapan walikota dan wakil walikota dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan mengingat saat ini kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Jadi undangan dibatasi hanya Forkompimda, paslon nomor urut 01 sampai 04, dan seluruh ketua-ketua partai politik yang ada di kota Ternate,” ujarnya

Dijelaskan, setelah KPU melakukan penetapan kemudian diserahkan ke DPRD untuk dilakukan paripurna pelantikan. “Setelah penetapan, KPU harus menyurat ke DPRD untuk di paripurnakan, namun entah kapan itu semua kembali ke DPR,” pungkasnya.

Sementara, ketua DPRD Kota Ternate mengatakan, paripurna pelantikan walikota dan wakil walikota terpilih akan dilaksanakan setelah penetapan walikota dan wakil walikota terpilih.

“Informasi katanya KPU Kota Ternate akan laksanakan Pleno penetapan, pada Kamis atau Jum’at sore. Nah,  kalau informasi itu benar, maka malamnya DPRD langsung lakukan paripurna pelantikan. Jadi intinya DPRD hanya menunggu penetapan dari KPU, langsung kita juga segera gelar Paripurna pelantikan,” terang Muhajirin, Selasa (23/03/2021). (Echal-1)

Pos terkait