Mabes Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat Malut Terhadap Kinerja Polda

Tim peneliti Puslitbang Polri dipimpin Kombes Pol. Drs. Yasirman

Ternate, Haliyora

Tim Puslitbang Polri melakukan penelitian terhadap tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polda Malut.

Bacaan Lainnya

Tim peneliti Puslitbang Polri dipimpin Kombes Pol. Drs. Yasirman dan 3 Anggota  tiba di Ternate, Senin (22/02/2021), diterima Wakapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Eko Para Setyo Siswanto, M.Si, yang selanjutnya akan melakukan penelitian di Polda Maluku Utara dan Polres jajaran.

Ketua Tim Puslitbang Polri, Kombes Pol. Drs. Yasirman dalam keterangannya menyampaikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri merupakan salah satu indikator penting dalam mengukur kualitas layanan Kepolisian.  Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kepolisian merupakan fondasi kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri.

Disebutkan, indeks tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kinerja Polri pada Tahun 2015 sampai Tahun 2018 terus meningkat, namun sediki menurun pada tahun 2019.

Pada tahun 2015 tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisiaan sebesar 65,92 persen, tahun 2016 naik menjadi 68,99 persen, tahun 2017 sebesar 80,31 persen, dan tahun 2018 mencapai 82,32 persen namun menurun menjadi 75,2 pada tahun 2019. Menurutnya hal itu sedikit banyak dipengaruhi adanya pesta Demokrasi Pemilihan Presiden di Tahun 2019.

Ia mengakui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri sama seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh LSI (Lingkaran Survay Indonesia).

“Berdasarkan Fakta tersebut, maka pada tahun 2021 Puslitbang Polri sebagai pengemban fungsi litbang dan garda utama di bidang riset dan kajian, perlu melakukan penelitian secara multiyears terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri untuk dijadikan dasar bagi pimpinan Polri dalam mengambil kebijakan,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol. Adip Rojikan, S.I.K., M.H, menyebut bahwa Puslitbang Polri akan melakukan penelitian di Polda Maluku Utara selama 4 (empat) hari terhitung mulai tanggal 22 Februari sampai dengan tanggal 25 Februari 2021.

“Setelah diterima oleh Wakapolda Maluku Utara, Tim Puslitbang Polri langsung bertolak ke Polres Tidore Kepualuan untuk melakukan penelitian disana, selanjutnya dijadwalkan Tim Puslitbang akan melakukan Penelitian juga di Polres Halmahera Barat, Polres Ternate dan Polres Halmahera Utara,” jelas Adip. (jae-1)

Pos terkait