Tak Hadiri Rapat dengan DPRD, Ini Alasan Kadis DLH Malut

Sofifi, Haliyora 

Komisi II dan III DPRD Malut menginisiasi rapat bersama dengan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Malut. Diantaranya, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), serta Dinas Perizinan (DMPTSP), pada Senin (15/02/2021).

Bacaan Lainnya

Rapat tersebut membahas izin lokasi rencana pembuangan tailing ke laut oleh sejumlah perusahaan pertambangan yang beoperasi di pulau Obi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara, Fahrudin Tukuboya tidak tampak menghadiri rapat tersebut.

Hal ini membuat salah satu anggota komisi III, Sahril Tahir, naik pitam. “Ini rapat penting, berkaitan dengan kepentingan masyarakat yang merupakan tupoksi DLH. Kehadiran Kadis DLH sangat dibutuhkan,” timpalnya.

Ketua Partai Gerindra Malut itu bahkan meminta agar Fahrudin Tukuboya dicopot dari jabatannya, “Kadis DLH ini sudah tiga kali rapat di DPRD tidak pernah hadir, makanya  selayaknya harus diganti,” semburnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Fahrudin Tukuboya ketika dihubungi Haliyora lewat sambungan telpon mengatakan bahwa dirinya tidak bisa mengikuti rapat tersebut dengan alasan sedang sakit, “untuk sementara saya tidak sempat datang karena saya sakit,” ucap Fahrudin, Senin (15/02/21).

Sehingga kata dia, sudah diwakilkan kepada salah satu kepala bidang, sebagaimana rapat sebelumnya.

“Pada Minggu lalu juga saya tidak sempat datang, dan itu juga sudah saya wakilkan kepada kepala bidang. Saya biasanya kalau DPRD undang itu saya paling rajin datang, tapi karena saya sakit jadi saya tidak bisa paksa, intinya kalau pertemuan tersebut diwakilkan kepada kepala bidang itu boleh,” tutur Fahrudin.

Dia menjelaskan bahwa materi rapat pada hari ini secara substansi sudah disampaikan ke Komisi II,  juga kepada media.

“Sebenarnya saya sudah jelaskan di komisi ll melalui staf saya pada rapat tertutup, dan juga kepada wartawan apa yang menjadi pembahasan rapat, untuk sekarang karena bertepatan dengan kondisi kesehatan saya kurang sehat, sehingga tidak bisa menghadiri rapat hari ini,” cetusnya. (Sam-dr)

Pos terkait