Dua Kelurahan di Ternate Belum Dapat Bansos, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Pemerintah kota Ternate melalui Dinas Sosial mulai 6 April akan membagi bantuan sosial (Bansos) pada warganya yang terdampak Covid-19. Tercatat warga yang akan mendapatkan Bansos sebanyak 13.476 Kepala Keluarga (KK) di delapan kecamatan (seluruh Kota Ternate).

Bacaan Lainnya

Sayangnya, muncul kabar kurang mengenakkan karena dua kelurahan dilaporkan belum mendapatkan Bansos. “Kelurahan tersebut Gamalama dan Maliaro,” kata Kepala Dinas Sosial, Burhanuddin Abdul Kadir dalam saat konferensi pers di kantor Walikota Ternate, Selasa (05/05/2020).

Burhanuddin mengatakan terkait dengan belum didapatnya Bansos karena dua kelurahan tersebut belum melengkapi persyaratan secara administrasi yang diminta Dinas Sosial. “Administrasi tersebut seperti kelengkapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) belum lengkap. Termasuk masih banyak data ganda,” ucapnya.

Atas kekurangan tersebut, Dinsos lanjut Burhanudin, telah menyampaikan agar semua data tersebut dilengkapi baru bisa laporannya dimasukkan. “Waktu yang kami berikan secepatnya melakukan pendataan secara lengkap baru bisa memasukan semua data tersebut sehingga kami tidak lagi mengembalikan data yang sudah dimasukkan sehingga tidak menghambat proses pekerjaan kami,” tutup Burhanuddin.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bantuan itu diperuntukan bagi masyarakat atau keluarga tidak mampu, keluarga miskin yang belum tercatat dalam data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), keluarga pencari nafkah, pekerja sektor informal yang bekerja sehari-hari sebagai petani, nelayan, ojek mandiri maupun online (ojol), sopir angkot, buruh bangunan, karyawan toko, pelayan warung atau rumah makan, pembantu rumah tangga yang terdampak Covid-19.

Bantuan itu sendiri berupa sembako yakni 10 kilogram beras, satu rak telur, 10 bungkus mie instan, dua kaleng susu, dua kilogram minyak goreng kemas. (Sam)

Pos terkait