Wow, Tiga Desa ini Punya (lebih) Lima Calon di Pilkades

  • Whatsapp

Maba, Haliyora.com

Sejumlah desa di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak. Uniknya, ada tiga desa yang memiliki lebih dari lima calon Kepala Desa (Kades)-nya. Desa Sudiomulyo Kecamatan Wasile Timur dan desa Baburino Kecamatan Maba yang masing-masing memiliki enam calon. Lalu Wayamli di Kecamatan Maba Tengah dengan tujuh calon.

Bacaan Lainnya

Untuk menyikapi Pilkdes dengan bakal calon lebih dari lima tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Haltim telah membentuk tim seleksi tambahan untuk menyeleksi bakal calon kepala desa tersebut.

“Kita sudah bekerja di minggu kemarin baik di desa Sudiomulyo, Baburino dan Wayamli. Dan kita akan finalisasi hasil,” kata Kepala Bagian Hukum dan Organisasi Pemkab Haltim, Ardiansyah Madjid pada wartawan, Selasa (11/12/2018) siang.

[artikel number=3, tag=”pilkades,haltim” ]
“Peringkat enam, tujuh dan seterusnya tidak akan diakomodir sebagai bakal calon Kades”

Ardiansyah Madjid
Kepala Bagian Hukum dan Organisasi Pemkab Haltim

Kata Ardian, pihaknya hanya bekerja menyusun peringkat hasil seleksi nanti. Namun panitia desalah yang menetapkan hasilnya. “Peringkat enam, tujuh dan seterusnya tidak akan diakomodir sebagai bakal calon Kades,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, panitia kabupaten punya kriteria dalam melakukan seleksi. kima kriteria dimaksud pengalaman kerja, pendidikan, organisasi, karya tulis dengan tiga topik yakni isu kepemimpinan, sosial budaya dan wawancara. Misalnya jenjang pendidikan, dimana semakin tinggi pendidikan bakal calon semakin tinggi skor yang dia peroleh.

“Jadi kriteria itu ada skor masing-masing. Dan kita hanya membuat peringkat 1-5 saja. Sementara 6-7 dan seterusnya tidak akan diakomodir sebagai calon yang nantinya ditetapkan oleh panitia tingkat desa,” pungkasnya. (elz)

Pos terkait