Sultan Babullah Dianugerahi Pahlawan Nasional, Ini Kata Walikota Ternate

Ternate, Haliyora

Setelah melalui sejumlah tahapan, akhirnya Sultan Babullah segera dianugerahkan sebagai pahlawan nasional oleh presiden RI Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari detik.com, ada enam tokoh akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Jokowi. Salah satunya adalah tokoh dari Maluku Utara dan Papua Barat.

“Ada enam calon penerima gelar Pahlawan Nasional 2020. Insya Allah tidak ada perubahan,” kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara seperti dilansir Antara, Jumat (6/11/2020).

Walikota Ternate Burhan Abdulrahm saat di wawancarai awak media menyatakan rasa syukurnya atas penganugerahan pahlawan nasional oleh presiden. “Alhamdulillah Sultan Babullah Syah ditetapkan negara sebagai Pahlawan Nasional,” ucapnya.

Burhan mengaku mendapatkan informasi ada 40 kalangan  dari berbagai daerah seluruh Indonesia  mengajukan sejumlah tokoh untuk mendapat anugerah pahlawan nasional, kemudian tim seleksi menyeleksi 12 tokoh.

“Alhamdulillah dari 12 tokoh itu tim seleksi menetapkan enam tokoh, satu diantaranya Sultan Babullah Syah dari Ternate dianugerahi pahlawan Nasional, Bahkan Sultan Babullah di urutan pertama,” jelas Burhan.

Menurut Burhan, Penganugerahan Sultan Babullah sebagai pahlawan nasional itu merupakan penghargaan negara terhadap salah satu putra terbaik Maluku Utara, khususnya Kota Ternate dan penghargaan untuk negara kepada seluruh rakyat Maluku Utara.

“Bagi kita masyarakat Maluku Utara harus bertekad melanjutkan semangat dan nilai nilai yang dicontohkan oleh Sultan Babullah Syah, yang pada saat itu dengan segala keterbatasan tapi mampu mengusir penjajah demi kepentingan masyarakan. Kita di zaman ini harus terus bekerja dan membangun negeri ini  untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. (Sam-1)

Pos terkait